Cara install dig di Linux

Di salah satu VPS saya ada sedikit masalah yang berhubungan dengan nama domain, konektivitas dan DNS. Jadi niat saya akan memanfaatkan dig untuk melakukan diagnosa dimananya yang salah. Lah tapi kok saat menjalankan perintah tersebut malah muncul error -bash: dig: command not found dan saat berusaha menginstallnya di CentOS 6 lewat yum install dig atau di Ubuntu 14.04 dengan apt-get install dig ternyata tidak ada paket aplikasi tersebut. Galau jadinya. 🙁

Setidaknya jaman kuliah dulu pada versi full atau desktop Linux Mint ada perintah yang saya cari ini karena – seharusnya – sudah standar, cuma lupa versi distronya saja. Dan ternyata di kedua server yang menggunakan distro Linux berbeda tersebut tidak menyertakan dig secara default, tampaknya karena saya menggunakan template sistem operasi yang minimal karena akan diinstall ke server bukan PC/Laptop.

Nah… solusinya ternyata cukup mudah, saya salah paham kalau dig ini satu program tersendiri melainkan diikutkan dalam paket aplikasi lain yang berhubungan dengan manipulasi dan modifikasi DNS di Linux:

  • RHEL/CentOS/Fedora:
    yum install bind-utils
  • Debian/Ubuntu/Mint
    apt-get install dnsutils

Selesai sudah dan anda bisa langsung mengeksekusi perintah dig dalam shell anda. Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar