Cara menghapus swapfile

Kemarin saya dapat warning dari NewRelic kalau salah satu VPS saya disk spacenya sudah 90% lebih. Isinya cuma EasyEngine yang menghosting 2 website saja, satu forum dan satunya lagi situs iklan baris. Agak heran saja kok bisa habis walaupun kecil kapasitas HDDnya 5GB tapi trafik dan kontennya sangatlah sedikit sekali.

Ternyata setelah saya lacak apa saja file yang berukuran jumbo di Linux muncul satu nama file yang asing: ee-swapfile yang besarnya mencapai 1.1GB. 😮

Berdasarkan namanya ini ada hubungannya dengan EasyEngine dan baru saya tahu hari ini bahwa setiap proses instalasi akan otomatis dibuatkan swapfile, karena untuk database servernya (MariaDB/Percona) bisa gagal kalau RAMnya terlalu kecil. Masalahnya pada VPS saya sudah ada file swap berukuran 512MB. Jadi total swapfile saya 1.5GB. Mubazir sekali.

Kalau anda berusaha langsung menghapus swapfile:

rm ee-swapfile

Maka akan muncul error:

rm: cannot remove "ee-swapfile": Operation not permitted

Padahal saya menggunakan root dan hak aksesnya sudah saya coba 777.

Nah.. memang ada langkah wajibnya dulu kita bisa membersihkan swap ini, kita nonaktifkan dulu supaya tidak digunakan Linux:

swapoff ee-swapfile

Setelah itu silahkan anda hapus lagi dan semestinya akan langsung sukses tanpa perlawanan. 🙂

One Comment

  1. Bang Chandra, ini perintahnya sudah tidak bisa dipake ya ?

    Ini saya baru aja menginstal easyengine dan saya mau menghapus ee-swapfile. Saya mengikuti yang ada disini yaitu dengan mengetik swapoff ee-swapfile. Tapi muncul tulisan “swapoff: ee-swapfile: swapoff failed: No such file or directory”

    Bisa dibantu bang ? Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *