Analisa pengiriman email

Seperti yang saya utarakan sebelumnya bahwa penguasaan mail server saya cukup terbatas dan karena itu saya lebih mempercayakan urusan surat – menyurat elektronik ke pihak ketiga yang lebih ahli. Ini termasuk DNS server juga. Karena cukup banyak yang tanya – tanya soal kirim email dari VPS kok gagal atau masuk spam maka saya akan mengenalkan beberapa alat untuk analisanya.

Saya anjurkan setelah setting mail servernya jangan lupa SPF dan DKIM untuk nama domain anda, untuk memastikan semuanya sudah siap. Kemudian kirimkan saja email ke mailtest@unlocktheinbox.com dan tunggu beberapa menit untuk balasannya. Ini kalau anda mau laporan teknisnya.

Tapi sayang untuk layanan tester yang lebih ampuh dari Unlock the Inbox ini (bagaimana skor email anda apabila masuk ke Gmail, Yahoo, Outlook dan seterusnya) adalah berbayar. Setidaknya kita tahu apakah ada yang salah dalam implementasinya dan melakukan troubleshooting dari informasi yang ada walaupun terbatas.

Selanjutnya adalah khusus buat kiriman email ke Gmail, silahkan anda mendaftarkan nama domain anda kesini: https://postmaster.google.com/ dan verifikasikan. Nanti setiap kali ada pesan yang masuk dari domain tadi akan dicek dan muncul hasil pemeriksaannya disini.

Sekarang saya cuma tahu 2 tool diatas, dan masih mencari buat Yahoo Mail dan Outlook.com supaya lengkap. Atau kalau ada tambahan silahkan dituliskan.

Tinggalkan komentar