Sambil menuruti proyek klien dimana ingin menambahkan forum ke dalam websitenya, kalau sebelumnya MyBB maka kali ini yang sedang diujicoba adalah phpBB. Bedanya pada konfigurasi Nginx di phpBB ternyata tidak sekedar butuh rewrite URL saja, ini baru saja saya tahu pas baca – baca dokumentasi dan referensi lainnya.

Singkatnya ada folder yang seharusnya tidak boleh diakses oleh umum, nah kalau hostingnya pakai Apache atau LiteSpeed yang umum pada shared hosting maka ini bukanlah masalah karena sudah diikutkan settingnya dalam file .htaccess secara default untuk melindunginya.

Karena saya akan menjalankan forum ini dalam Nginx tentu saja harus diadaptasikan. Ini dimasukkan kedalam blok server{} ya. Yang pertama ada kode agar ekstensi phpBB bisa berfungsi normal.

location / {
    index index.php index.html index.htm;
    try_files $uri $uri/ @rewriteapp;
    }

location @rewriteapp {
    rewrite ^(.*)$ /app.php/$1 last;
    }

Alternatif dua blok kode diatas, bisa dicoba kalau ada masalah.

location /app.php {
    try_files $uri $uri/ /app.php?$query_string;
    }

Ingat, pilih salah satu saja ya.

Berikutnya adalah proteksi file dan direktori internal phpBB. Sama, sisipkan dalam blok server{} dibawahnya kode rewrite diatas biasanya.

location ~ /(config\.php|common\.php|includes|cache|files|store|images/avatars/upload) {
    deny all;
    return 403;
}

Setelah anda mengedit konfigurasi virtual host Nginx jangan lupa restart/reload dan selesai sudah tujuannya. 🙂 Oh ya, ini untuk phpBB 3.1, saya lupa bilang diawal. 😛