Mengenal jenis – jenis perlindungan DDoS

Serangan DDoS (Distributed Denial of Service) ke server bisa mematikan seluruh akses yang tersedia dan tentu saja ini membuat apa yang ada didalamnya lumpuh total. DDoS sendiri tidak bisa dihindari kalau sudah menjadi target tapi kita bisa menggunakan perlindungan sebelum atau selama mengalaminya. Nah… jenis – jenis proteksinya sendiri ada macam – macam, jadi patut anda perhatikan apakah sesuai asumsi atau harapan anda akan fitur dan kemampuannya.

Dalam perjalanan saya belajar soal VPS saya mengenal beberapa istilah yang sering digunakan, bisa dikatakan standar digunakan. Tapi uniknya definisinya atau apa yang akan dapatkan bisa berbeda – beda tergantung providernya. Maka dari itu gunakan saja informasinya sebagai referensi dan silahkan diklarifikasikan langsung ke provider anda sistemnya bagaimana.

Beberapa jenis DDoS Protection yang saya tahu:

  • Nullroute/Blackhole – Ada yang bilang ini jenis proteksi DDoS paling dasar. Alamat IP servernya dilenyapkan. Sudah itu saja. Jadi tidak ada trafik yang bisa mengalir. Kalau penyedia layanan VPS anda tidak memberikan fitur proteksi DDoS biasanya ini yang dilakukan.
  • DDoS filtered IP – Setiap trafik yang masuk akan dicek dan difilter apakah valid atau tidak.
  • DDoS Mitigation – Solusi yang (katanya) lebih lengkap dari filtered IP dimana analisa trafik yang terjadi lebih mendetail (alamat IP, cookie, bot, JavaScript, header HTTP) akan dilakukan.

Sekali lagi, ini sepemahaman saya dan silahkan dikoreksi apabila ada yang salah. 🙂

Oh ya, misal tertulis mampu melindungi dari puluhan atau ratusan Gbps itu bukan berarti eksklusif untuk anda saja, sering kali yang ditulis itu kemampuan jaringan totalnya. Misal ada yang benar mampu menggunakan proteksinya hampir maksimal akan ada kemungkinan disuspend dan dinullroute. Jadi bukan berarti aman – aman saja kalau semasif itu.

Perlindungan DDoS kadang dibedakan berdasarkan layer juga. Umumnya pada layer 3,4 dan 7 dimana CloudFlare yang gratis tidak bisa melindungi anda. Tapi kalau anda butuh rekomendasi mungkin bisa mencoba OVH, BuyShared dan RamNode. Ada yang sudah termasuk paketnya dan bisa juga tambahan biaya lagi.

3 pemikiran pada “Mengenal jenis – jenis perlindungan DDoS”

    • Kalau kena DDoS mbak langsung tahu: VPSnya hidup tapi ga bisa diakses. Sederhana memang. 😀 Ga lama kemudian VPSnya dinullroute, alias dibumihanguskan sama providernya selama ada serangan. Dan ini dinotifikasikan.

      Proteksi DDoS ini setahu saya ga bisa dilihat dari VPSnya mbak. Mungkin ada panelnya kalau mbak sewa yang ada perlindungan DDoSnya.

      Mungkin bisa pakai Filtered IP miliknya BuyVM kalau mbak ada masalah.

Tinggalkan komentar