Mengapa koneksi SSH timed out?

Pembahasan kali ini terinspirasi dari masalah mas Sadewa saat ingin tersambung ke VPS lewat SSH yang gagal. Padahal ini masih VPS baru dan semuanya masih setting default. Sedangkan informasi hostname, alamat IP, port SSH, username dan password sudah disertakan dalam email selamat datangnya. Yang terjadi malah error ssh: connect to host 192.168.1.89 port 22: Connection timed out.

Jangan panik dulu. 🙂 Akan saya jelaskan bahwa munculnya pesan error tersebut bukan karena disebabkan hal – hal berikut:

  1. Tidak ada SSH server pada VPS anda. Kalau memang tidak ada errornya adalah ssh: connect to host 192.168.1.89 port 22: Connection refused.
  2. SSH server terinstall tapi port SSH yang digunakan adalah lain. Idem, kalau kondisinya seperti ini pesan kesalahannya adalah connection refused.

Jadi kalau yang anda alami adalah connection timed out berarti sudah benar port dan alamat IPnya. Terus masalahnya dimana? Sering disebabkan oleh firewall yang menolak aksesnya.

Bagaimana solusinya? Ada beberapa hal yang bisa dicoba:

  1. Anda coba konek dari tempat lain. Maksud saya ya pakai ISP lain atau WiFi gratis di cafe. Bisa jadi yang terblokir itu internet anda.
  2. Perbaiki atau bersihkan saja peraturan firewallnya agar semua bisa tersambung. Bisa lewat serial console di SolusVM untuk akses SSH daruratnya. Jangan lupa setelahnya harap disetting kembali.
  3. Males mikir? Asalkan ini VPS baru atau tidak ada data penting maka anda bisa coba install ulang sistem operasinya. Ya misal dari CentOS 6 ke Debian 8.

Bisa dikatakan saya bicara teorinya koneksi SSH ini. 😀 Semoga membantu. 🙂

2 pemikiran pada “Mengapa koneksi SSH timed out?

  1. Mantap mas chandra..
    Dari permasalahanya memang di vps baru blm tersedia os nya..harus reinstall os terlebih dahulu..berkat saran mas chandra semua teratasi

    untuk yg awam seperti saya memang agak ribet untuk unmanage vps..

    Gara2 vps sya jadi lebih sering mampir ke servernesia..

    Kendala lagi di server outage tiap minggu..

    Hostname pakai server1.domain.com

    Di nameserver pakai ns1.domain.com

    Berpengaruh ga ya?makasih

Tinggalkan komentar