Blokir email dari pengirim tidak dikenal dalam Postfix

Saya klarifikasi dulu sebelum salah paham maksudnya tidak dikenal disini adalah unknown berdasarkan isi log Postfix, dan bukan pengirim tidak dalam kontak akun emailnya yang diblokir. Jadi ada yang tanya lewat email inboxnya selalu masuk spam dari alamat IP tidak dikenal dan nama hostname/rDNSnya kosong. Karena jelas isinya tidak berkualitas maka ingin dicegah untuk diterima oleh Postfix kalau memenuhi kriterianya.

Email dan DNS adalah titik paling lemah saya jadi harap maklum kalau kurang jelas ataupun saya sendiri kesulitan menjawabnya. Akhirnya setelah mencari – cari ketemu konfigurasi yang cocok yakni reject_unknown_client_hostname. 🙂

Silahkan edit main.cf dan tambahkan kode tadi ke blok dibawah:

smtpd_client_restrictions =
        permit_mynetworks,
        reject_unauth_pipelining,
        reject_unknown_client_hostname,
        permit

Potongan kode diatas adalah contoh, bukan berarti harus ditiru persis. Silahkan diadaptasikan saja ke konfigurasi Postfix anda.

Dan dari laporan masnya setelah seminggu (sengaja saya tunggu untuk memastikan mengurangi spam yang masuk) katanya sih sukses. 😀

2 pemikiran pada “Blokir email dari pengirim tidak dikenal dalam Postfix

    • Matikan saja mas, hemat resource dan mengurangi aplikasi yang bisa diserang. Rawan dihack spammer kalau aktif dan kita kurang ahli mengamankannya.

Tinggalkan komentar