Membuat Custom Nameserver pada Hurricane Electric

Saya pernah membahas cara membuat nameserver dengan nama sendiri di DigitalOcean. Populernya disebut Vanity/Branded/Custom Nameserver. Intinya apabila berhasil maka anda bisa menggunakan (misal) ns1.servernesia.com dan ns2.servernesia.com. Dari komentar yang masuk saya terinspirasi untuk membuatkan tutorial layanan alternatifnya kalau tidak bisa pakai nameservernya DO. Ya, kali ini yang dipakai adalah Hurricane Electric Hosted DNS yang bisa digunakan secara gratis.

Ada terminologi yang tidak saya jelaskan lagi dan bisa dibaca pada tutorial sebelumnya untuk membuat custom name server sendiri ini. Termasuk syarat – syaratnya agar nameservernya bekerja sempurna. Yang pasti silahkan setting nameserver dari nama domainnya ke HE:

  • ns1.he.net
  • ns2.he.net
  • ns3.he.net
  • ns4.he.net
  • ns5.he.net

Setelah domainnya sukses dihosting pada HE maka silahkan buat 5 buah A record pada alamat IP dari masing – masing nameservernya:

  • ns1.nama_domain.com216.218.130.2
  • ns2.nama_domain.com216.218.131.2
  • ns3.nama_domain.com216.218.132.2
  • ns4.nama_domain.com216.66.1.2
  • ns5.nama_domain.com216.66.80.18

Langkah selanjutnya adalah mengganti NS record yang ada dari menggunakan milik HE.net ke vanity nameserver yang baru saja anda buat. Ya bisa kelimanya yang anda ganti. Kalau bingung maksudnya ubah ns1.he.net ke ns1.nama_domain.com dan seterusnya.

Apabila selesai maka akses ke panel domain anda, ya yang ditempat anda beli nama domainnya. Carilah bagian yang ada fitur GLUE recordnya. Kalau di Namecheap bernama Personal DNS Nameserver dan di Namesilo bernama Registered Nameserver. Belum tentu registrar yang anda pakai ada fitur ini soalnya.

Yang intinya anda isikan nama domain untuk nameservernya dan apa alamat IPnya. Ya seperti ns1.nama_domain.com itu alamat IP dari nameservernya apa. Ulangi sampai ns kelima.

Akhirnya selesai sudah, tinggal anda ganti NS dari nama domainnya ke custom nameserver yang baru saja kita racik. 😀 Mestinya akan berjalan sesuai tujuan. Tahu darimana? Karena saya sambil nulis tutorial ini juga sudah ganti NSnya servernesia.com. 😀 Masa nulis ga dipraktekkan dulu. 😛

Tapi tentu saja ada cara yang lebih kongkrit untuk mengeceknya:

nslookup ns1.nama_domain.com
Server:		8.8.8.8
Address:	8.8.8.8#53

Non-authoritative answer:
Name:	ns1.nama_domain.com
Address: 216.218.130.2

Sudah terdeteksi ada dan alamat IPnya cocok dengan milik Hurricane Electric. 🙂

*Saya capek nulis nameserver berulang kali. 😀

13 pemikiran pada “Membuat Custom Nameserver pada Hurricane Electric

    • Hmm.. ini masalah kosmetik saja kalau ga punya nameserver sendiri mas, maksud saya bikin NS sendiri pakai BIND atau semacamnya. Kalau saya memang karena iseng saja. 😀

  1. bagaimana jika bukan ns1, ns2, ns3, ns4 dan ns5 melainkan di ganti menjadi alif1.example.id
    ba2.example.id
    ta3.example.id
    sa4.example.id
    ja5.example.id

    menurut pendapat saya sama saja seperti ns1 dan ns5 bukan bang..? , saya sendiri lagi riset bang

      • ini yang saya suka dari mas chandra, respon nya cepat ^_^ …

        oiya mas, saya rencana pake amazon lightsail+serverpilot+hurricane dns hosting…

        lightsail cuma ambil ip (hostname) nya aja, lalu costum A, CNAME, NS Record, Glue Record full di hurricane,work ga ya mas…?

        saya pakai linode ambil ip server nya aja dgn alur seperti itu jadi (work) mas…

        semua domain di namecheap….

      • 🙂

        Komponen terpenting itu registrar domainnya support bikin GLUE record mas, dan DNS hostingnya bisa Vanity. Setidaknya dari layanan yang mas sebut setahu saya bisa semua.

    • Sama – sama mas. Saya apresiasi setiap pertanyaan juga, karena kadang buat saya mikir/ingat ilmu yang lama. 😀

      Saya sudah kerja mas. 🙂

Tinggalkan komentar