CMS | Troubleshooting

Memperbaiki “Custom JavaScript is not allowed. ” untuk AMP WordPress

Menambahkan satu lagi masalah yang saya alami untuk halaman AMP. Akhir minggu kemarin salah satu situs klien dihantam error ke lebih dari seribu halamannya. AMP jadi tidak valid, spesifiknya dengan pesan error “Custom JavaScript is not allowed.“.

Beberapa hal yang berhubungan:

  • CMSnya pakai WordPress.
  • Plugin AMP pakai yang resmi dari Google&Automattic.
  • Plugin cache menggunakan LiteSpeed Cache.

Jadi intinya ada file JavaScript yang disisipkan pada halaman tipe AMP, dan ini dilarang oleh Google.

Setelah saya diagnosa ini disebabkan setting dari optimasi halaman LSCache. Solusinya semua ada di setting Page Optimization, matikan semua opsi ini:

  1. CSS Combine
  2. JS Combine
  3. Load Google Fonts Asynchronously

Simpan setting barunya, bersihkan semua cache yang anda. Kemudian cek pakai AMP Validator. Mestinya sudah PASS nilainya.

Khusus soal LS Cache, ternyata ini sudah lama dilaporkan tapi belum ada perbaikan dari developernya: https://wordpress.org/support/topic/custom-javascript-is-not-allowed-16/

Sebelumnya klien saya pakai Autoptimize, dan niatnya mengurangi jumlah plugin aktif karena memiliki fungsi yang bisa digantikan dalam satu plugin saja. Ternyata ga semudah itu juga.

Bagaimana kalau pakai plugin cache lain? Silahkan coba adaptasikan saja solusi diatas, biasanya ada opsi sama dengan nama sedikit berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *