Sinkronisasi waktu Linux yang akurat

Saya punya kasus unik soal zona waktu di Linux, jadi walaupun sudah setting secara manual ke Asia/Jakarta tapi waktu dicek waktunya kok tetap saja (kalau dihitung) beda 2 jam lebih lambat. Mungkin mabuk atau ada salah informasi pakai sebelahnya WITA? Saya kurang tahu dan karena kerjaannya sebagai web server tidak perlu waktu yang presisi asalkan bekerja normal ya bukan masalah yang besar. Cuma mengganggu saja kalau ga cocok.

Solusi yang saya coba dan sukses adalah dengan melakukan sinkronisasi waktu dengan server yang khusus melayani data waktu yang akurat. Ya, cukup pakai NTP (Network Time Protocol) kesimpulannya. Instalasinya sendiri sangatlah mudah:

  • CentOS:
    yum install ntp
  • Debian/Ubuntu
    apt-get install ntp

Sebenarnya sudah cukup sampai disini karena proses sinkronisasi ntp akan otomatis berlangsung tapi menggunakan konfigurasi defaultnya. Ini bisa optimal atau tidak tergantung kebutuhannya. Nah.. sekalian saja saya ingin menambahkan pool ntp untuk wilayah Indonesia, memang disarankan menggunakan yang terdekat.

Jadi mari kita edit file konfigurasinya:

nano /etc/ntp.conf

Kemudian bisa dicek apa pool server ntp di Indonesia yang sedang aktif disini: http://www.pool.ntp.org/zone/id. Yang saat saya menulis saat ini isinya adalah:

server 3.id.pool.ntp.org
server 0.asia.pool.ntp.org
server 2.asia.pool.ntp.org

Silahkan disisipkan atau menggantikan apa isi blok server didalam konfigurasi ntp.

Apabila sudah jangan lupa restart proses ntp:

service ntp restart

Sekian. 😀

Tinggalkan komentar