Menampilkan tanggal dan waktu di Linux

Pada umumnya saat kita menginstall sistem operasi Linux dalam Virtual Private Server tahunya kita sudah bisa langsung login dengan akun root. Ini tanpa perlu melakukan setting apapun kecuali memilih apa distro Linux dan mengisikan password root yang bisa otomatis diciptakan dari panel VPSnya. Bagaimana kalau kita ingin tahu server kita sekarang berapa tanggal dan waktunya?

Konfigurasi tanggal dan jam ini nanti berpengaruh pada waktu yang digunakan dalam sistemnya juga tentu saja dalam website anda misalnya. Cuma beda format saja sih, terutama kalau menggunakan zona waktu lain jadi ada selisih beberapa jam. Ini yang bisa membuat kita bingung kok dalam log timestampnya berbeda dengan waktu di Indonesia sekarang, atau jam postingnya berlainan.

Nah… untuk mengetahui waktu saat ini yang digunakan dalam sistem operasi Linux langsung saja ketikkan perintah berikut:

date

Ya memang semudah itu, dan nanti akan muncul balasan seperti ini:

Tue Sep 15 18:29:02 EDT 2015

Padahal ini saat saya cek tanggal 16 September 2015 jam 5.32 WIB (Waktu Indonesia Barat) . Jadi jelas ada selisih waktunya. Ini bukan jam sistemnya rusak melainkan mengikuti default setting server provider VPSnya.

Solusinya ya mengganti jam dan tanggal juga zona waktunya dari EDT (Eastern Daylight Saving Time) yang ditujukan untuk wilayah Amerika Utara dan Karibia (UTC-4) ke Indonesia.

Oh ya perintah ini juga bisa dieksekusi di sistem operasi berjenis BSD seperti FreeBSD, OpenBSD, NetBSD dan sebagainya. Masih satu keluarga besar UNIX soalnya.

Tinggalkan komentar