Mengatasi 404 dan 403 pada CyberPanel

Saya ceritanya sedang melakukan pindahan hosting dari satu VPS ke yang lain, prosesnya sendiri masih on process. Ada 2 website yang dihosting menggunakan CyberPanel di server lama dan baru tersadar kalau terjadi error.

Pesan kesalahannya sendiri adalah 404 Not Found kalau dibuka halaman utama situsnya, dan kalau mencoba akses resourcenya langsung seperti robots.txt atau ads.txt malah muncul 403 Forbidden.

Padahal tidak ada modifikasi signifikan dari kondisi yang sebelumnya normal ke masa migrasinya. Yang saya lakukan seingat saya cuma satu: menjalankan proses backup dari CyberPanel sendiri. Apakah ini penyebabnya? Bisa jadi, karena dialami pada satu situs PHP+MySQL biasa dan satunya lagi WordPress.

Solusinya yang saya temukan untungnya mudah. Pada panel dasbor CyberPanel langsung buka Websites >> List Websites >> Pilih nama domainnya >> Klik File Manager >> Arahkan ke public_html >> klik menu Fix Permissions.

Kelar sudah. Bukan masalah rewrite rules atau yang lainnya. Cukup aneh memang, mungkin bug pada sistem backupnya yang mengganti permissions.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.