Menambahkan website dengan database pada CyberPanel

Melanjutkan tutorial sebelumnya soal salah satu panel hosting VPS yang sedang naik daun: CyberPanel. Dan karena ada mengingatkan saya kalau belum lengkap pembahasannya. 😀

Membuat virtual hosting baru

Sederhana saja, semuanya diawali dari panel adminnya yang terletak pada alamat IP servernya dan dengan port default 8090. Misal: 192.168.2.234:8090 pada browser anda. Untuk login, kalau masih instalasi baru berarti pakai user admin dan password 1234. Sangat disarankan untuk diganti karena tidak aman.

Setelah itu pada halaman dasbor CyberPanel, silahkan buka menu Main > Websites > Create Website.

  1. Select Package isikan Default saja dulu. Ini adalah paket hosting yang ada di CyberPanel, aslinya hanya ada 1 dan bisa ditambahkan sendiri menurut kebutuhan.
  2. Select Owner. Ini menentukan pemilik dari website tersebut berdasarkan user di CyberPanel, defaultnya ya Admin.
  3. Domain Name. Isikan nama domain yang ingin dihosting.
  4. Email. Idem, masukkan alamat email pemilik situsnya.
  5. Select PHP. Memilih versi PHP yang dipakai dan sangat lengkap: 5.3, 5.4, 5.5, 5.6, 7.0, 7.1, dan 7.2. Saran saya pakai 7.0 atau 7.1 saja sekarang kecuali CMS yang dipakai jadul.

Bagian terpenting diatas adalah wajib.

Sedangkan opsi tambahannya:

  • SSL. Ini kalau anda mau menggunakan sertifikat SSL sendiri, kalau Let’s Encrypt tidaklah perlu dan bisa diaktifkan manual setelah proses penambahan website.
  • DKIM Support. Hubungannya dengan verifikasi nama domain untuk email.
  • open_basedir Protection. Perlindungan terhadap akses direktori hosting.

Apabila situs anda sifatnya statis (HTML saja) tanpa database maka sudah cukup sampai disini dan hanya perlu mengatur setting FTP untuk upload file – filenya.

Membuat database baru

Tahap selanjutnya adalah menambahkan database MariaDB baru untuk website anda diatas. Sama gampangnya karena semuanya dari menu Databases > Create Database dan isikan data – data yang diminta.

Saya rasa tidak ada yang perlu dijelaskan lagi karena cuma mengisikan apa nama databasenya, nama user dan kata sandi.

Membuat user FTP

Kecuali anda install WordPress dan Joomla (ada auto installernya dalam panel) maka anda perlu mengupload file – file situs secara manual dan ini lewat akses FTP. Silahkan akses FTP > Create FTP Account.

Saya yakin anda tidak kesulitan menambahkan informasi yang diminta.

Setelah semuanya selesai dibuat maka tinggal anda upload dan setting saja CMSnya sesuai dengan kredensial yang baru saja dibuat. Oh ya, akun FTPnya ini perlu dukungan SSL dalam aplikasi klien, bukan SFTP ya. Jadi Xftp tidak bisa digunakan, saya terpaksa pakai WinSCP.

Tinggalkan komentar