Menambahkan website pada EasyEngine

EasyEngine merupakan salah satu script autoinstaller untuk stack LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, dan PHP-FPM) yang populer. Fokusnya sih memang untuk hosting WordPress tapi sekarang sudah bisa digunakan untuk website biasa dan memang telah saya gunakan secara aktif dalam salah satu VPS.

Keunggulan EasyEngine itu dalam hal manajemen hosting websitenya. Rata – rata bisa menggunakan perintah ee disusul parameter untuk menyelesaikan tugasnya.

Saya contohkan dengan menambahkan website baru:

ee site create nama_domain.tld --mysql

Ini berarti menambahkan virtual host baru dengan nama_domain.tld dan menggunakan database MySQL. Dan settingnya semua otomatis termasuk databasenya. Setelah itu tinggal anda arahkan nama domain anda menggunakan A record ke alamat IP servernya.

Dengan catatan:

  • Untuk penempatan file – file situsnya berlokasi di /var/www/nama_domain.tld/htdocs/, jadi uploadnya kesini ya.
  • Username dan nama databasenya adalah nama_domain_tld. Jadi kalau anda menambahkan misal servernesia.com maka akan menjadi servernesia_com.
  • Bagaimana dengan passwordnya? Ada disini /var/www/nama_domain.tld/ee-config.php dan buka saja memakai nano atau teks editor lainnya. Isinya nanti seperti ini:
    <?php 
    define('DB_NAME', 'nama_domain_com');
    define('DB_USER', 'nama_domain_com'); 
    define('DB_PASSWORD', 'x9FmMGaZxMWQQDBV');
    define('DB_HOST', 'localhost');
    ?>
  • Kalau anda upload manual lewat SFTP seperti saya atau malah download langsung pakai wget kedalam VPS maka jangan lupa diganti pemilik dan grupnya ke proses Nginx milik EasyEngine:
    chown -R www-data:www-data /var/www/nama_domain.tld/htdocs/

    Kalau tidak dijamin banyak errornya waktu websitenya mau edit atau menambahkan file.

Semua langkah – langkah diatas untuk hosting situs dengan PHP+MySQL biasa. Apabila anda ingin menginstall WordPress ya lebih mudah lagi urusannya:

ee site create nama_domain.tld --wp

Selesai dan malah kalau ini ditampilkan juga username dan password untuk administrator WordPressnya. Tinggal anda terima jadi dan pakai saja.

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Comment