Menggunakan phpMyAdmin pada EasyEngine

Dapat request dari mas Edwin mengenai pemasangan phpMyAdmin pada VPS yang terinstall EasyEngine. Entah mas Edwin sadar atau tidak bahwa sebenarnya EE memang menyertakan phpMyAdmin tapi memang belum tentu aktif secara default. 😀

Bagaimana cara aksesnya? Aslinya sangatlah mudah, silahkan buka alamat websitenya dan tambahkan port 22222. Ini adalah akses admin tools EE. Seperti ini:

https://nama_domain.com:22222

Terus whitelist dalam browser anda karena halamannya pakai HTTPS tapi sertifikat SSLnya buatan sendiri, karena itu diberi peringatan waktu mengaksesnya.

Nanti akan diminta untuk login dimana defaultnya:

  • Username: easyengine
  • Password: easyengine

Saya tahunya ini dari dokumentasi resminya. Tapi kalau gagal dan muncul 401 Authorization Required berarti belum disetting. Menurut saya baguslah tidak dibuatkan secara default waktu instalasinya soalnya bisa runyam kalau sudah online dan bisa dipakai orang lain dengan user & pass defaultnya.

Sekarang melanjutkan ke tahap selanjutnya kalau tidak bisa:

ee secure --auth

Nanti akan diminta mengisikan apa username dan password yang diinginkan:

Provide HTTP authentication user name [nama_user] : nama_user2
Provide HTTP authentication password [b39N81] :

Dan saya baru tersadar kalau sebenarnya dulu sudah dibuatkan tapi tidak saya catat. Tapi passwordnya mengerikan karena cukup pendek, memang lebih baik diganti atau kalau tidak terpakai seperti saya maka dimatikan saja akses admin toolsnya EasyEngine.

Kalau sudah berhasil login tinggal anda ikuti saja link yang muncul, tepatnya ada di direktori /db/pma/:

https://nama_domain.com:22222/db/pma/

Kemudian akan muncul halaman login phpMyAdmin. Ya tinggal pakai saja, bisa pakai pengguna dan kata sandi untuk situs yang dihosting didalamnya.

Atau kalau anda ingin pakai root MySQL dan lupa detailnya bisa dicek disini:

nano /etc/mysql/conf.d/my.cnf

Sekian. 🙂

Satu pemikiran pada “Menggunakan phpMyAdmin pada EasyEngine

  1. kenapa kok ane gak bisa masuk ke phpmyadmin mau pake nama domain atau ip hasilnya selalu : “Connection refused: namasitus.com:22222”
    itu kenapa gan ? mohon solusinya

Tinggalkan komentar