Saya menggunakan EasyEngine dalam satu VPS kecil yang digunakan menghosting sebuah forum kecil. Keunggulan EasyEngine itu sudah ada fitur HTTPS otomatis dan gratis dengan memanfaatkan Let’s Encrypt. Seharusnya sih sekali diaktifkan maka proses perpanjangan serifikatnya (setiap 90 hari) sudah dijadwalkan juga. Tapi anehnya sampai keburu error di browser saat akses situsnya masih tidak direnew juga.

Akhirnya saya ingin melakukan proses renew SSL Let’s Encrypt secara manual. Lha kok error.

ee site update nama_domaincom --letsencrypt=renew
Renewing SSl cert for https://nama_domain.com
[Errno 111] Connection refused

Kasus ini tampaknya spesifik ke implementasi LE pada EE karena punya script sendiri.

Akhirnya saya cek saja apa informasi websitenya yang dideteksi EE:

ee site info nama_domain.com
Information about nama_domain.com:

Nginx configuration	 mysql basic (enabled) 
PHP Version		 5.6
HHVM			 disabled
SSL			 enabled
SSL PROVIDER             Lets Encrypt
SSL EXPIRY DATE          Fri Mar  3 06:03:00 WIB 2017

access_log		 /var/www/nama_domain.com/logs/access.log
error_log		 /var/www/nama_domain.com/logs/error.log
Webroot			 /var/www/nama_domain.com
DB_NAME			 nama_domain_com
DB_USER			 nama_domain_com
DB_PASS			 E6Ia9i0yEJ5ibIC

Nah lho. Ternyata sukses diperpanjang, tapi kok error.

Akhirnya saya cek ulang dengan perintah yang sama dan benar saja sukses:

ee site update nama_domaincom --letsencrypt=renew
More than 30 days left for certificate Expiry. Not renewing now.

Karena malas mikir dan tebakan saya ini Nginx yang ada hubungannya maka saya restart saja:

service nginx restart

Dan ternyata sukses, Nginx sudah membaca sertifikat SSL barunya dan digunakan. Hehe. 😀 Ga jadi bingung deh. Tapi asli cronnya mungkin bermasalah karena renew manual ini sudah saya lakukan 2 kali, walaupun baru kali ini saja ada errornya.