Cara install CyberPanel

Dulu saya sempat menggunakan OpenLiteSpeed untuk web server blog ini, cukup lama malahan setahunan. Tapi karena anti-mainstream, dokumentasinya sendiri cukup sulit didapatkan. Dan bahkan blog ini sempat jadi satu – satunya rujukan tutorial OLSWS.

Tapi sekarang sudah lebih mudah karena telah ada panel web hosting bernama CyberPanel yang memanfaatkan OpenLiteSpeed sebagai backendnya. Aslinya saya sudah tahu dari sejak pertama diumumkan, tapi sengaja saya tunggu sampai menurut saya sudah matang.

Syarat spesifikasi VPSnya sendiri cukup rendah:

  • CentOS 7
  • RAM 1 GB
  • Disk Space 10 GB

Sedangkan cara instalasinya juga cuma menjalankan 1 baris perintah:

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)

Bisa ditinggal ngopi tapi proses instalasinya.

Bagi yang providernya menggunakan template OS Linux dilengkapi sudo (seperti Google Cloud Platform) maka eksekusi perintah ini dulu sebelum perintah diatas:

su

Saya pakai sudo gagal soalnya.

Kalau sudah selesai, maka akan diinformasikan kredensial untuk login ke panel admin CyberPanel:

Visit: https://192.168.2.234:8090
Username: admin
Password: 1234567

Jangan lupa kalau gagal akses panel lewat port diatas harap lakukan whitelist pada firewall. Setelah berhasil masuk, juga ubah password adminnya karena terlalu gampang defaultnya.

7 Comments

  1. bair makin komplit tambahin artikel cara install runcloud sama zesle donk gan, dan saran saja sebaiknya biar artikelnya lengkap tutorialnya tambahin sampai proses install wp 🙂

  2. tanya gan, apa CyberPanel ada menu/support untuk db postgresql ?
    atau ada panel hosting lain yang recom untuk db postgresql

  3. Assalamu’alaikum mas, saya ikuti panduan cara instal cyberpanel di GCP dari blog mas ini, dan ternyata tampilany beda mungkin karea cyberpanel sudah update dan alhamdulliah sekarang sudah bisa, mudah ternyata hehe. tapi ada satu problem mas, cara instal Free SSL lets encrypt nya bagaimana ya mas ? itu di instal di OS nya atau di panel nya atau gimana ? says sudah coba ikuti panduan ini https://openlitespeed.org/kb/lets-encrypt-ssl-on-openlitespeed/ ngga bisa mas. mohon bimbingan nya.
    tolong balas ke email saya ya mas, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *