Awasi uptime server dengan StatusCake

Anda sudah membeli sebuah VPS, dan janji si provider adalah dijamin 99.9% uptime. Masalahnya kalau kita tidak mengawasinya sendiri maka kita hanya bisa percaya omongan si penjual. Kondisi VPS yang kita beli dalam keadaan baik adalah hak kita sebagai penyewa, untuk memastikan kualitas kita bisa memanfaatkan layanan dari StatusCake yang akan melakukan monitoring terhadap hidup tidaknya server tersebut.

Layanan ini tersedia secara gratis dan tidak ada batasan berapa banyak website atau server yang bisa diawasi.

Setelah anda mendaftar maka klik saja New Test. Pada Test Type pilih ICMP Ping, kemudian beri nama dan masukkan alamat IP VPS anda. Data lain hanyalah pelengkap dan tidak wajib diisi, tapi silahkan saja.

statuscake-add-test-icmp-ping

 

Pada halaman Tests anda akan menemukan daftar website atau server yang sedang dipantau, secara sekilas akan muncul apakah sedang dalam keadaan hidup (Up) atau mati (Down) dan berapa persen uptimenya selama 30 hari, klik Details untuk melihat informasi yang lebih jelas.

Grafik uptime akan ditampilkan pada halaman detail tes, anda bisa melihat kapan dan berapa lama waktu responnya. Kalau seluruh warnanya adalah hijau maka VPS anda selama ini selalu hidup saat dicek oleh StatusCake, dan bila ada warna merah berarti saat itu dalam keadaan non-responsif.

statuscake-uptime-graph

StatusCake akan mengecek keadaan VPS per 5 menit dengan melakukan ping, dan ini dilakukan dari berbagai macam lokasi di seluruh dunia. Jadi anda dapat memperkirakan bagaimana kecepatan akses ke VPS anda dari berbagai tempat yang berbeda jauh. Berapa lama uptimenya dapat dicek tepat dibawahnya.

statuscake-status-periods

Tentu saja kalau kita hanya melihat laporan apa yang telah terjadi jelas terlambat, apalagi kalau VPS tersebut berisi layanan penting atau situs toko online yang lumayan sibuk. Jelas akan merugikan apabila down sewaktu – waktu. Karena saya anjurkan untuk mengaktifkan fungsi peringatan (alert) menuju email anda setiap dideteksi adanya masalah, atau bisa juga menggunakan SMS tapi ini fitur berbayar.

Khusus untuk website maka tipe tes terbaik adalah HTTP/HTTPS, tinggal isikan alamat website anda dan akan segera diuji, tidak berbeda jauh caranya. Bedanya StatusCake akan berusaha memuat halaman website tersebut dan mencatat apa responnya.

Semoga membantu. 🙂

Tinggalkan komentar