Cara install ImageMagick di CentOS

Berlanjut dari permintaan sebelumnya yang masih tentang ImageMagick. Jadi setelah tahu apakah sudah terinstall atau belum maka bila tidak ada apa yang seharusnya dilakukan? Tentu saja install ImageMagick-nya. 😛 Haha.. entah kenapa sebelumnya tidak terpikir sewaktu menuliskan cara ceknya.

Sebenarnya tidak ada yang rahasia dalam menginstall ImageMagick di CentOS atau aplikasi apapun. Cukup jalankan perintah yum install disusul nama programnya. Jadi untuk ImageMagick akan seperti berikut perintahnya:

yum install imagemagick

Maka CentOS akan otomatis mencari program terbaru yang ada di repository. Yang terbaru disini adalah untuk CentOS jadi kadang bisa ketinggalan beberapa versi dibandingkan yang terbaru dari pembuatnya. CentOS atau RHEL (Red Hat Enterprise Linux) fokusnya adalah kestabilan karena itulah cocok dijadikan sistem operasi server. Tapi ya itu… jelas versinya akan tertinggal kalau dibandingkan ArchLinux atau Ubuntu.

Proses instalasinya sendiri akan berlangsung otomatis dan bila ada dependensi yang belum ada maka akan dijalankan juga proses instalasi paket tambahannya. Tinggal duduk manis sambil minum kopi. 🙂

Kalau sudah selesai maka untuk anda yang ingin agar extensionnya dimuat oleh PHP silahkan ketikkan perintah berikut:

echo "extension=imagick.so" > /etc/php.d/imagick.ini

atau tambahkan secara manual extension=imagick.so dalam file php.ini tapi tergantung versi CentOSnya bisa berbeda lokasinya dan letakkan didalam blok Dynamic Extension.

Semoga membantu. 😉

Tinggalkan komentar