Memantau dan diagnosa server dengan New Relic

Ada satu hal penting dalam merawat server yaitu memantau kesehatannya dan melakukan diagnosa kalau ada masalah. Setelah berhasil memeprsiapkan server, menginstall software yang dibutuhkan, mengkonfigurasikan keamanan dan layanan, dan akhirnya mengaktifkannya bukan berarti ditinggal begitu saja sambil berdoa tidak ada musibah. Memang bisa, dan saya dulu memang begitu setelah bisa digunakan ya cuma pakai uptime tracker melihat masih online tidak.

Setelah jadi agak bijaksana… disadarkan oleh satu VPS penting down dalam waktu lama, tidak stabil hidupnya dan sering system loadnya terlalu tinggi membuat saya harus tahu apa penyebabnya. Dan ini ternyata tidaklah mudah, setidaknya ini yang saya rasakan waktu itu. 🙂 Karena cuma bermodalkan uptime dan servernya sendiri kadang sulit diakses lewat SSH karena ngehang. Ada proses yang memakan habis resourcenya.

Nah… saya ingin memperkenalkan satu layanan bernama New Relic yang selalu saya install pada setiap server, kecuali yang RAMnya dibawah 256MB. Fungsinya adalah memantau aktivitas server beserta proses – prosesnya dan aplikasi PHP (bisa juga Ruby, Python, dan masih ada lagi) bisa melaporkan detail kerjanya ke New Relic. Dari sini kita juga jelas tahu kalau uptimenya bagus atau tidak.

Cara menambahkan server anda ke New Relic sangatlah mudah, tinggal tambahkan repositorynya dan ikuti panduan di situsnya. Setelah itu tunggu beberapa saat dan akan tampak grafis penggunaan CPU, System Load, RAM dan spesifikasi.
new-relic-server

Dibawahnya ada informasi mengenai Disk I/O dan Network I/O, dan ada dalam daftar prosesnya. Bisa anda klik namanya untuk melihat setiap proses dengan detail statistik dan analisanya.
new-relic-server-lanjutan

Tentu saja kalau down atau VPS anda tidak responsif dalam 5 menit akan dinotifikasi lewat email, dan kalau anda tidak bisa membuka websitenya tinggal install aplikasinya di handphone anda untuk mengetahui status terbarunya di jalan.

Ini yang saya jelaskan soal NewRelic masih secuil dari kemampuan penuhnya dan hanya di bagian Server, analisa aplikasi juga ada pada APM, performanya saat diakses dari mobile bisa dicek juga, atau cuma sekedar cek uptime dan monitor loading website? bisa juga lewat Synthetics. Saya juga belum menguasai semua kok. Hehe. 😀 Sekarang saya tidak mengandalkan top saja untuk mendeteksi masalahnya dimana karena ada yang lebih sakti. 😀

Oh ya, New Relic ini gratis untuk versi dasarnya jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mencobanya*. 😉

*Aslinya dulu saya dapat kaos gratis sebagai hadiah registrasi sewaktu mereka masih baru. Haha. 😀

Tinggalkan komentar