NodeQuery: Pantau keadaan server Linux menyeluruh

Sudah memiliki VPS tentu kita ingin tahu apa saja yang telah dan sedang terjadi di dalamnya. Berbeda dengan shared hosting yang cukup kita gunakan layanan website monitoring seperti StatusCake atau Uptime Robot pada VPS karena kita yang menangani sendiri seluruh settingnya maka ini bukanlah sekedar masalah uptime dan downtime.

Walaupun kita dengan perintah top di shell Linux bisa melihat seluruh proses yang berjalan dan resource yang sedang digunakan tapi ini hanyalah memperlihatkan saja, dan kita sendiri yang melakukan monitoring – malah merepotkan jadinya – bayangkan saja kita diam duduk manis memandang task manager.

Mengenal NodeQuery

Kalau anda pernah mengalami dan merasakan hal yang sama maka kita membutuhkan suatu layanan yang melakukan monitoring server Linux, dan saya menyarankan NodeQuery sebagai pilihan anda.

Nanti setelah menambahkan profil server anda (alamat IP, system load, peringatan kehilangan komunikasi) anda akan diminta menginstall program agent dari NodeQuery, ingat anda membutuhkan akses root untuk menginstallnya dalam VPS anda.

Laporan server dari NodeQuery

Kalau sudah berakhir anda install maka silahkan tunggu beberapa menit supaya program tersebut mengumpulkan data spesifikasi server dan melaporkannya ke server NodeQuery. Nanti anda akan melihat laporan untuk setiap server seperti berikut.
nodequery-server-overview

Anda dapat mengetahui spesifikasi dan statistik server tersebut secara umum pada tab Overview:

System Uptime   85 days
Operating System   CentOS release 6.5 (Final) x86
Kernel   2.6.32-042stab093.4
File Handles   1632 of 19791963
Processes   35
Sessions   0
CPU Model   Intel(R) Xeon(R) CPU X5650 @ ...
CPU Speed   1x 2667 MHz
Network Activity ??   0.00 KB/s
Total Outgoing ?   2.85 GB
Total Incoming ?   3.17 GB
Connections   0

Dilengkapi dengan grafik yang informatif supaya kita dapat dengan mudah memahami apa itu dan apa yang sedang terjadi. Anda bisa melihat secara mendetail untuk informasi bagian lainnya dengan mengakses tab – tab lain yang sudah disediakan.

Laporan masalah server dari NodeQuery

Apabila VPS anda tidak bisa diakses atau mengalami masalah maka NodeQuery akan mendeteksinya dan mencatatnya. Anda bisa melihat daftar insiden yang telah terjadi beserta alasannya dalam bagian Activity.

nodequery-server-activity

Tentu saja insiden diatas akan juga diperingatkan melalui email anda, jadi kalau handphone anda sudah terhubung dengan akun email maka anda dapat mengetahui adanya masalah dalam hitungan menit saja.

Bilamana saat anda mengecek keadaan server yang tiba – tiba mengalami beban kerja tinggi maka anda bisa melihat bagian Top Processes by Resource Usage.
nodequery-server-top-processes

Anda dapat menemukan nama proses, banyaknya jumlah proses, penggunaan CPU dalam persen, penggunaan RAM server dalam persen, dan username yang menjalankannya. Jadi anda dapat melacak proses apa yang menghabiskan resource VPS hingga bertekuk lutut dari sini, minimal bisa dijadikan langkah awal penyelidikan.

Kesimpulan

Saya sangat menyarankan penggunaan NodeQuery dalam melakukan monitoring keadaan server Linux, layanan ini fiturnya lebih jauh daripada sekedar memantau uptime downtime website. Tapi tentu aja anda bisa mengkombinasikan beberapa layanan sejenis supaya ada beberapa mata yang melihat. Tapi saya sarankan hanya satu jenis layanan saja yang diinstall dalam server, sisanya adalah layanan monitoring eksternal. Walaupun NodeQuery ringan dan rendah konsumsi reosurcenya tapi kita tidak perlu menambah beban tidak perlu pada server.

2 pemikiran pada “NodeQuery: Pantau keadaan server Linux menyeluruh

Tinggalkan komentar