Pakai Linux 32-bit atau 64-bit?

Saat membeli VPS pasti akan ada opsi untuk memilih distro Linux mana yang akan diinstallkan. Debian, CentOS, Ubuntu adalah yang paling umum dan mana yang paling baik adalah masalah kebiasaan juga favoritisme. Selain itu kita akan menemukan varian 32-bit atau 64-bit dalam template OSnya. Ini yang kadang membuat orang bingung. Sebaiknya pakai yang mana?

Nah… saya membahas hal ini karena saat ini saya sedang mempersiapkan migrasi VPS lama ke yang baru, dari RAM 2GB ke 4GB (mumpung ada promo tahun baru 😛 ) dan sedang membaca – baca enaknya menggunakan arsitektur prosesor yang mana. Bisa dikatakan merupakan catatan pribadi saya juga kalau kedepannya butuh referensi lagi.

Kesimpulan yang saya tarik dari berbagai sumber:

  1. Gunakan 32-bit apabila RAM server kurang dari atau sama dengan 2GB. Maksimal 3GB lah.
  2. Software yang anda gunakan belum tentu ada versi 64-bitnya. Kompatibilitas program sistem operasi Linux 32-bit memang masih jauh lebih baik saat ini.
  3. Ada selisih penggunaan memori lebih besar sekitar 10% untuk proses yang sama pada 64-bit. Akan terasa kalau RAM VPS anda kecil. Bahkan kabarnya bisa 2 kali lipat untuk jenis scripting tertentu.
  4. Tapi kalau memang bisa menggunakan 64-bit maka jangan ragu lagi, karena jumlah alamat memori yang lebih besar (saya bukan bicara kapasitas RAM lho ya) membuat program bisa memaksimalkan performanya. Jadi relatif lebih cepat nanti prosesnya
  5. .

Dan akhirnya saya putuskan menggunakan CentOS 7.1 yang memang cuma ada versi 64-bit, sudah standar baru tampaknya arsitektur ini.

2 pemikiran pada “Pakai Linux 32-bit atau 64-bit?

  1. Terimakasih untuk pencerahannya Mas Bro, saya saat ini berencana Mau Deploy Server VPS, dan sedang kebingungan untuk memilih antara Centos 64 dengan 32, artikelnya bisa jadi pertimbangan.. Salam

    • Saran saya sekarang pakai yang 64-bit kalau bisa mas. Kurang lebih sama saja, apalagi kalau pakai jenis cloud server seperti DigitalOcean atau Vultr nanti tinggal upgrade paketnya saja misal butuh RAM lebih besar.

Tinggalkan komentar