Ada satu email yang masuk menanyakan bagaimana caranya memblokir pengunjung yang menggunakan UC Browser pada web server Nginx. Terus terang saya heran kok si penanya anti banget dengan browser Android ini dan sampai ingin membatasi aksesnya. Ternyata alasannya sederhana tapi penting bagi pemilik website, fitur AdBlock aktif secara default dan ini bisa mengurangi pendapatan dari iklan secara signifikan.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas cara blokir pengunjung berdasarkan user-agentnya, tapi ini dengan asumsi anda sudah tahu apa kode yang digunakan dalam identifikasi browsernya. Bisa dikatakan tutorial kali ini adalah demonstrasinya langsung tapi dengan tujuan UC Browser.

Anda bisa menambahkan kode dibawah dalam blok http{} di konfigurasi Nginx atau dalam blok server{} pada konfigurasi Virtual Hostnya:

if ($http_user_agent ~* (UCWEB|UCBrowser)) {
        return 403;
    }

Sedang parameter ~* fungsinya perbandingan user-agent akan dilakukan secara case insensitive, atau sederhananya huruf besar dan kecil sama saja. Intinya kalau mengandung salah satu tulisan diatas akan langsung diblokir dan muncul kode 403 Forbidden. Tentu saja anda bisa menggantinya, misal diredirect ke halaman pesan kenapa kok diblokir.

Dari penelusuran saya agen pengguna untuk UC Browser cuma ada 2 itu dan variannya yang mirip, tapi bisa dibaca dokumentasi resminya. Siapa tahu ada update lagi kedepannya.