Proses instalasi Nginx itu sebenarnya hal yang mudah asalkan kita tidak ingin yang aneh – aneh fiturnya. Tapi setelah berhasil memasangnya pada VPS kita mau ngapain? Itu yang sering jadi masalah bagi yang pemula atau masih belum familiar dengan struktur Nginx. Selain kita harus menyetel nginx.conf juga untuk berhasil menghosting website didalamnya jangan lupa mengatur virtual hostnya. Dan untuk ini kita harus tahu lokasinya dimana.

Kendalanya tergantung distro Linux yang digunakan dan versi Nginx yang diinstall maka bisa sangat berbeda ditempatkan dimana direktori konfigurasinya dan data website yang dihosting. Karena itu kali ini saya akan menuliskan letaknya untuk mempermudah kita mencarinya dan sebagai dokumentasi pribadi saya juga. 😀

Lokasi konfigurasi virtual host Nginx:

  • /etc/nginx/sites-available/ – Lokasi konfigurasi Nginx dan menentukan nama domain apa saja yang bisa diproses. Sering saya lihat di Debian atau Ubuntu.
  • /etc/nginx/sites-enabled/ – Mirip dan file .conf-nya memang bisa dicopas dari lokasi sebelumnya. Ini kalau digunakan akan menentukan mana virtual hosting yang aktif. Intinya yang available (tersedia) bukan berarti bisa digunakan (enabled).
  • /etc/nginx/conf.d/ – Yang ini saya tahunya ada di CentOS.

Nama file konfigurasinya biasa menggunakan format nama_domain.conf supaya mudah dikenali ini untuk situs yang mana juga. Kalau tidak ada maka anda perlu membuat filenya dan isinya bisa menyesuaikan dari file default yang ada didalamnya.

Lokasi direktori virtual host, untuk menyimpan/meletakkan file – file situsnya:

  • /var/www/nama_domain.com/ – Ini saya melihatnya di Debian atau Ubuntu.
  • /usr/share/nginx/html/nama_domain.com/ – Yang ini di CentOS.
  • /home/nama_user/web/nama_domain.com/ – Ini di VestaCP.
  • /var/www/nama_domain.com/htdocs/ – Yang ini di EasyEngine.

Diatas adalah beberapa lokasi umum untuk direktori virtual host Nginx, atau dalam konfigurasi Nginx untuk menentukan dimana Document Root-nya atau sering ditulis root saja. Sebenarnya anda terserah juga mau membuatnya dimana, Nginxnya sendiri tidak peduli kok asalkan datanya benar.

Nanti kalau saya ketemu atau anda malah tahu lokasi selain yang saya tuliskan maka akan saya koreksi dan update.

Semoga bermanfaat. 🙂