Masalah VestaCP dengan SSL gratis CloudFlare

Terus terang saya sudah terbiasa menggunakan sertifikat SSL gratis dari WoSign untuk mengaktifkan HTTPS. Baru – baru ini saja saya mencoba mengkombinasikan SSL gratis CloudFlare ke VestaCP, ternyata kok tidak selancar itu juga kalau dibandingkan pas saya pasangkan pada website yang dihosting pada LEMP stack biasa atau EasyEngine.

Yang terjadi malah saat versi HTTPSnya diakses malah gagal. Masih mending kalau tampilannya situsnya rusak, ini dari browser muncul error kalau koneksi ditolak atau loading tidak selesai – selesai. Masalahnya sudah terlanjur mengganti agar URL yang dipakai dalam WordPress memakai HTTPS juga.

Vesta - USER

Setelah mencoba berbagai macam cara akhirnya ketemu satu solusi. Silahkan login ke panel Vesta seperti biasa, menggunakan user admin tentunya, dan buka pengaturan USER. Setelah itu pilih usernya dan pada menu Apply to selected pilihlah rebuild web. Baru setelah itu konfigurasi Flexible SSLnya CloudFlare berfungsi normal sesuai harapan.

Susunan VestaCP saya adalah Nginx sebagai reverse proxy dan Apache sebagai web servernya. Bisa jadi kombinasi kedua aplikasi ini yang membuatnya tidak langsung kompatibel dengan SSL gratis CloudFlare, atau ada penyebab yang lain. Untungnya saya berhasil mengatasinya. 🙂

10 pemikiran pada “Masalah VestaCP dengan SSL gratis CloudFlare

    • Betul mas Gilang, WoSign sendiri sudah cukup kok. Apalagi bisa disetel lebih lanjut kalau butuh fitur – fitur advance dari HTTPS atau HTTP/2.

      Tapi kalau mau praktis dan ga mau repot maka Universal SSL milik CloudFlare sangat membantu.

  1. Tapi mas kalau saya pasang ssl di wordpress malah kaga kluar https:// malah http:// . saya udah edit .htaccess ke https. Di PC bisa malah di hh android malah keluar sertifikat error. Gimana pencerahannya mastah :/

    • Jangan lupa edit URL di Pengaturan WordPressnya mas. Itu juga harus pakai https:// biar seluruh konten situs anda pakai HTTPS.

      Dan ini pakai CloudFlare atau pasang sertifikat SSL sendiri ya mas? Errornya hanya terjadi di Android atau browser lainnya?

      • Pasang sendiri pake wosign. Sudah saya ganti akses .htaccess nya ke https. Untuk PC berjalan dengan baik tetapi untuk android keluar sertifikat bermasalah. Kalau untuk cloudflare saya udah malas gan untuk masangnya. Pengen ngelawan ddos sendiri 8|

      • Susah lho mas ngelawan DDoS sendiri, bahkan bisa dikatakan mustahil. Analoginya mas punya jalan raya dan DDoS itu air yang banjir. Kalau saluran pembuangannya ga ngatasi nanti sama providernya pasti ditendang anda. 🙂

      • Kalau secara merek ga ada bedanya mas. Serius. Ambil yang termurah saja.

        Kalau soal unlimited reissue ini tujuannya apa ya mas? Secara fungsi soalnya ini cuma mendapatkan sertifikat SSL baru untuk nama domain yang sama, beda di enkripsi penciptaannya saja.

Tinggalkan komentar