Cara membuat phpinfo

Bahas yang ringan – ringan saja hari ini. 😀 Seperti yang kita tahu bahwa PHP sendiri memiliki modul – modul atau fitur yang bisa ditambahkan, apalagi konfigurasinya sendiri cukup fleksibel. Ini yang membuat instalasi satu dengan yang lainnya berbeda walaupun sama versinya. Dan kadang dilupakan kalau cuma install default dan pernah mengubah settingnya.

Walaupun dengan cek versi PHP akan muncul informasinya, tapi untuk lebih mudah dibaca dan dipahami akan lebih baik dalam bentuk laporan yang tertata rapi. Nah inilah fungsi dari file PHP Info dan merupakan hal yang sangat mudah dibuat.

Nginx PHP 7 phpinfo

Tinggal anda buat saja file bernama info.php atau terserah dan isikan kode berikut:

<?php
//Informasi mesin PHP
phpinfo();
?>

Upload ke localhost atau direktori hosting anda, kalau share hosting biasanya di public_html atau www. Kemudian buka file PHP tersebut dari browser. Akan muncul informasi lengkap konfigurasi mesin PHP dengan berbagai macam kombinasi ekstensinya seperti gambar diatas.

Dibandingkan di VPS saya malah lebih sering menggunakan metode ini untuk cek versi PHP di cPanel, kan bisa dirubah dan anehnya kadang di WordPress masih pakai yang lama. Tapi ini masalah lain sih. 🙂

Tinggalkan komentar