Kalau saya perhatikan rata – rata pengguna Virtual Private Server menggunakannya untuk web server, jadi merupakan langkah upgrade performa dan fitur dari shared hosting. Setidaknya ini pengalaman saya sendiri, walaupun saya tahu bisa difungsikan untuk server lainnya seperti OpenVPN atau game server tapi saya belum membutuhkannya.

Nah… kalau biasanya dalam shared hosting sudah lengkap satu paket manajemen DNS domainnya seperti di cPanel maka untuk VPS kita bisa mengaturnya sendiri lewat BIND (install dan setting dulu), atau memanfaatkan layanan DNS hosting. Ini bisa didapatkan secara gratis dan saya menganjurkannya karena tidak ribet nanti memakainya.

Jadi walaupun anda sudah setting web server entah LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP), LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP-FPM), atau stack – stack web server lainnya akhirnya tetap saja kita harus mengarahkan domain kita ke alamat IP server tersebut. Dan ini cuma bisa dilakukan kalau domain name anda sudah dihosting DNSnya, jadi tinggal pointing saja.

Berikut adalah daftar penyedia DNS hosting gratis:

  1. Hurricane Electric Hosted DNS: https://dns.he.net/
    • Batasan 50 nama domain.
  2. CloudFlare DNS: https://www.cloudflare.com/dns
    • Tidak ada keterangan berapa domain yang bisa digunakan untuk versi gratisnya. Tapi 10 lewat masih tidak masalah kok.
  3. ClouDNS: https://www.cloudns.net/
    • Maksimal 3 nama domain.
  4. NameCheap FreeDNS: https://www.namecheap.com/domains/freedns.aspx
    • Tidak ada batasan domain juga tampaknya. Walaupun anda tidak membeli domain disini masih tetap bebas digunakan kok, dan tentu saja gratis.
  5. Afraid Free DNS: http://freedns.afraid.org/
    • Ini adalah buyutnya DNS hosting gratis. Saya ingat dulu ada batasannya untuk gratisannya, tapi saya cari informasinya tidak ada. Sering kali digunakan sebagai DDNS juga.
  6. NSONE.NET: https://nsone.net/
    • Tidak ada batasan domain tapi per bulan maksimal DNS querynya adalah 500.000 request. Kecuali pengunjung situs anda totalnya ratusan ribu tidak akan habis. NSONE panel manajemennya paling lengkap dan bisa dianggap rumit, tapi powerful. Ada juga statistik dan analisa DNS trafficnya.
    • Sudah tidak memberikan paket gratis lagi kecuali menambahkan data kartu kredit.

Provider DNS hosting sebenarnya sangatlah banyak, ini termasuk yang gratis tapi saya batasi selain yang saya gunakan sendiri juga batasannya tidak mengganggu. Jadi kalau dibandingkan dengan daftar lain misalnya bisa dianggap kurang lengkap, ini memang sengaja kok. Tapi dari waktu ke waktu akan saya update datanya atau dikoreksi kalau ada kesalahan.

Semoga bermanfaat. 🙂