Daftar penyedia Secondary DNS gratis

Pada umumnya nameserver yang terdaftar pada nama domain anda minimal ada 2, tapi biasanya hanya dari satu provider. Misal, ini misalnya saja. Bagaimana kalau DNS hosting yang anda pakai down karena ada masalah atau diserang DDoS? Ya hasilnya seperti kasus DynDNS kemarin yang membuat situs – situs besar seperti Twitter, GitHub, Heroku, Reddit dan SoundCloud gagal diakses.

Jadi selain masalah konektivitas ke nameservernya juga disebabkan rendahnya TTL dari DNS record yang ada didalamnya, ada yang cuma 1 menit malah, ini yang membuat perangkat harus menanyakan lagi apa informasi DNSnya dalam waktu singkat. Karena down akhirnya tidak ada balasan dan efeknya kita tidak tahu lokasi dari resource online yang ingin dibuka.

Bagaimana solusinya? Selain menggunakan penyedia DNS hosting yang bisa diandalkan, meningkatkan waktu hidup record DNS juga sangat disarankan menambahkan backup nameserver dari provider lain. Istilah populernya adalah Secondary DNS atau Backup Zone atau Slave DNS.

Disini saya akan membagikan penyedia Secondary DNS dan dibatasi yang gratis saja karena yang berbayar cukup banyak.

  • BuddyNS: https://www.buddyns.com/
    Ini cuma memberikan 300ribu DNS query per bulan, kalau situs anda masih kecil (masih ratusan atau seribuan per hari) maka bukanlah masalah.
  • HurricaneElectric: https://dns.he.net/
    Asli saya baru tahu kalau HE juga mendukung Backup DNS. Kalau secara fitur maka bisa jadi pilihan utama dan digabungkan dengan CloudFlare misalnya.
  • NS1: https://ns1.com/
    Dulu saya pernah menggunakan NSONE tapi pindah ke HE.NET karena ada batasan query sebesar 500ribu per bulan. Tampaknya lebih cocok digunakan untuk DNS cadangan kalau masih ingin yang gratis.
  • Namecheap: https://www.namecheap.com/domains/freedns.aspx
    Salah satu yang juga baru saya ketahui bisa digunakan sebagai Slave NS. Tidak dijelaskan apakah ada batasan lainnya, tapi dalam penggunaan saya selama ini tidak ada masalah walaupun requestnya tinggi (ribuan per hari).
  • GeoScaling: http://www.geoscaling.com/
    Ini yang sedang saya test drive sekarang, untuk yang gratisnya dibatasi 1 juta request/query perbulan. Mendukung AFXR juga.

Saya yakin daftar diatas kurang lengkap karena banyaknya penyedia DNS hosting gratis yang juga bisa dipakai sebagai Secondary DNS. Ini karena keterbatasan waktu untuk mencoba semuanya juga domain saya tidak banyak untuk dirotasi.

Yang terbaik yang mana? Bisa dimulai dari yang sudah saya tulis dulu. Paling bagus memang dicoba sendiri. 🙂 Silahkan ditambahkan kalau anda punya pengalaman pada layanan lain atau malah ada koreksi apabila pernah memakai salah satu provider diatas.

Tinggalkan komentar