Daftar penyedia nama domain gratis

Dalam membeli sebuah VPS biasanya kita akan ditanyakan apa hostnamenya, dan ini bisa menggunakan satu kata untuk mewakili nama servernya atau memakai nama domain. Ini terserah anda sebenarnya, tapi kalau anda ingin memanfaatkannya sebagai DNS server atau web server maka memang sebaiknya diisikan dengan domain yang anda miliki. Tidak harus berbayar kok, apalagi kalau masih belajar jadi cukup yang gratisan dulu. 😉

Biasanya penyedia domain gratis dibagi menjadi 2: Benar – benar TLD (misal: .tk, .ga) atau subdomain (misal: *.mooo.com, *.us.to). Secara fitur tidak ada perbedaan signifikan, tinggal masalah anda menemukan nama yang bagus saja. Langsung saja ke daftarnya ya:

  1. Afraid FreeDNS Subdomain: http://freedns.afraid.org/

    Ini sebenarnya merupakan layanan DNS hosting gratis tapi pada setiap nama domain yang menggunakan layanan mereka akan diberi opsi apakah orang lain bisa membuat subdomain. Jadi kita bisa pinjam domain milik orang lain. Saya lebih suka pakai ini karena batasannya tidak terlalu ketat, dan cukup ingat login 1 kali dalam 6 bulan. Contoh nama domain yang bisa dipakai disana: *.mooo.com, *.us.to, *.info.tm, *.ax.lt, *.hacked.jp, *.ez.lv, *.bot.nu dan masih sangat banyak lagi. Tercatat lebih dari 80.000 nama domain yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

  2. Freenom: http://www.freenom.com/en/index.html

    Kalau anda lebih menyukai nama domain TLD seperti .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq maka bisa mendapatkannya secara gratis dari Freenom. Yang pasti untuk bebas biaya hanya berlaku mulai dari 4 karakter keatas dan bukan kata – kata yang ada dalam kamus bahasa Inggris. Ini anda harus ingat perpanjangannya adalah setiap tahun sekali dan hanya bisa digunakan untuk web hosting karena diminta ada aktivitas pengunjungnya.

    Kalau anda sudah memakainya untuk hal yang bersifat penting saya anjurkan anda membayarnya saja, tidak mahal kok cuma $7 per tahun. Ini karena Freenom memiliki hak untuk membatalkan penggunaan domain tanpa alasan, juga karena anda sendiri bukanlah pemilik nama domainnya cuma diberi hak untuk memanfaatkan tapi atas namanya tetap Freenom. Kalau sudah dibeli maka registrarnya adalah nama anda sendiri dan ini sudah bebas digunakan untuk apapun asal tidak melanggar hukum.

Ya, memang cuma 2 saja sementara ini karena cuma itu yang saya gunakan dan tahu kualitasnya. Ingat ini nama domain gratis jadi gunakan untuk hal – hal yang tidak terlalu penting atau belajaran saja, tidak menutup kemungkinan hak guna atas (sub)domain tersebut dicabut penyedianya karena berbagai macam sebab.

Tinggalkan komentar