Mengambil alih pemilik dan grup di Linux

Pernah install WordPress dalam VPS tapi pas update diminta akses FTP? Atau yang lebih sederhana lagi saat anda ingin edit file di Linux malah muncul pesan error You are not the owner, so you cannot change these permissions. atau Operation not permitted dan sebagainya. Ya, ini adalah pesan kesalahan bahwa anda bukan pemilik file atau direktori tersebut dan juga bukan dalam grup yang memiliki ijin.

Biasanya bagi yang baru pertama kali mencoba hosting WordPress dalam VPS tidak ada masalah pada saat instalasinya, tapi pas ada update kelabakan karena tiba – tiba minta username dan password dari FTP untuk melanjutkan prosesnya. Padahal tidak ada FTP server yang terinstall dan kalau sampai perlu dipasang malah bikin repot juga.

Solusinya adalah tentu diganti ke user Linux yang perlu ijinnya dan hampir pasti bukan root. Perintahnya sendiri sangatlah mudah:

chown nama_user:nama_group /lokasi/file/atau/direktori

Gampang kan?

Tapi kalau dilakukan satu per satu ya keriting jari ngetiknya. 😛 Perlu lebih pintar lagi cara kerjanya, dan kita tinggal mengotomatiskan saja:

chown -R nama_user:nama_group /lokasi/direktori

Dimana parameter -R ini artinya rekursif yakni semua dan yang ada didalamnya akan dimodifikasi owner juga groupnya. Kalau banyak isinya bisa ditinggal minum kopi dulu. 😀

Oh ya, kalau masalah ini anda alami pada web hosting maka samakan dengan user web servernya. Cek saja nama prosesnya aktif dengan menggunakan user apa.

Tinggalkan komentar