Cara install Python di Linux

Python adalah salah satu bahasa pemrograman server side yang cukup populer, sejenis dengan PHP. Aslinya sudah lama sekali saya tidak mengutak – atik aplikasi Python secara langsung. Jadi cuma share saja bagaimana itu Python di Linux. 😀

Bagaimana caranya install Python pada distro Linux pilihan kita? Jawabannya hampir tidak perlu karena sudah sering jadi default, cuma versinya saja yang kadang kita perlu pastikan.

python --version
Python 2.7.5

Kalau ada balasannya seperti diatas berarti sudah ada, tinggal versinya cocok tidak dengan yang dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu sekarang Python ada yang versi 2 dan 3. Tapi setelah dicek ternyata balasan perintah diatas hasilnya versi 2, dan sedangkan yang kita butuhkan ada versi 3. Jangan buru – buru berusaha mencari cara instalasinya, karena besar kemungkinan sudah diikutkan juga tapi dengan nama agak lain.

python3 --version
Python 3.4.2

Setidaknya saya cek selain nama programnya beda (ditambah angka 3), juga hanya saya dapatkan di Ubuntu 14.04 dan Debian 7. Untuk CentOS 7 tidak ada secara default.

Tapi kalau ternyata tidak ada atau memang dari awal niatnya distro minimal maka kita perlu install Python secara manual:

  • Debian/Ubuntu
    Instalasi Python 2

    apt-get install python

    Instalasi Python 3

    apt-get install python3
  • CentOS
    Instalasi Python 2

    yum install python

    Instalasi Python 3

    
    yum install epel-release
    yum install python34

Di repository EPEL masih versi 3.4 saat saya cek. Pip juga masih perlu diinstall sendiri.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar