Cara mengganti port panel VestaCP

Karena VestaCP dilaporkan adanya celah keamanan yang menyebabkan server yang dibobol digunakan dalam jaringan botnet untuk DDoS maka ada provider yang mematikan VPSnya.

Walaupun dengan update terbaru sudah diperbaiki, tapi tampaknya ada yang masih memblokir akses langsung ke servernya. Jadi SSH seperti biasanya gagal, dan alternatifnya ya lewat console/VNC dari panel VPSnya langsung.

Salah satu syarat agar VPSnya dihidupkan lagi aksesnya adalah dengan mengganti port default panel VestaCP di 8083 menjadi yang lainnya. Dan karena keterbatasan diatas jadinya agak susah mengeditnya. Ini dikarenakan kita harus mengubahnya di konfigurasi Nginx dan membuat whitelistnya pada firewall.

Solusinya sih ada langsung lewat terminal, eksekusi perintah ini:

sed -i 's/8083;/7023;/' /usr/local/vesta/nginx/conf/nginx.conf && v-add-firewall-rule ACCEPT 0.0.0.0/0 7023 TCP && service vesta restart

Intinya saya mengganti port 8083 menjadi 7023 pada Nginx, setelah itu ijinkan port tersebut diakses dari internet, kemudian restart VestaCP. Tentu saja port penggantinya bisa anda sesuaikan sendiri.

Semoga bermanfaat.

3 pemikiran pada “Cara mengganti port panel VestaCP

  1. Sorry nih mas, IP client/pengunjung untuk vestacp kok gak real ya mas, yang kedetect malah IP Server, bukan IP client.. Ada solusi nya mas?
    Udah ubek ubek di forum tapi msh blm ada yg work.

Tinggalkan komentar