Membersihkan disk space di Debian/Ubuntu

Memiliki VPS murah biasanya ada kekurangan seperti penggunaan CPU, batasan RAM yang bisa dipakai, dan kapasitas harddisk yang tidak terlalu besar. Bagi yang baru pertama kali menggunakan VPS atau Linux biasanya masih bingung mau membersihkan apa kalau harddisk VPS sudah penuh atau kritis.

Nah… berikut adalah beberapa tips dasar dalam menghapus file – file sampah atau yang sudah tidak digunakan lagi dalam sistem operasi Debian atau Ubuntu untuk VPS anda. Siapkan dulu Shell atau Terminal untuk mengetikan perintah – perintah dibawah. Pahami dulu apa fungsinya sebelum menjalankan setiap perintahnya untuk mencegah masalah. 😉

Silahkan dimulai dari membersihkan file cache dari download dan update aplikasi (dalam format .deb):

sudo apt-get clean

Apakah anda sering mencoba – coba software baru atau melakukan eksperimen dalam VPS anda? Tentu banyak diantaranya ada yang sudah tidak digunakan lagi, silahkan dihapus dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get autoremove

Hapus file log (catatan) yang tersimpan dalam lokasi /var/log, cek dulu apakah ada yang masih diperlukan atau penting. Untuk melihat isinya:

ls /var/log

Untuk menghapus file gunakan perintah rm:

rm nama_file

Malas mengecek satu per satu? Maka jalankan perintah berikut untuk menghapus seluruh isinya tanpa pandang bulu:

rm -rf /var/log/*

Khusus untuk yang ini harap berhati – hati dalam mengeksekusinya, pastikan parameter lokasinya sudah benar. Sekali dijalankan maka seluruh file yang termasuk dalam kriteria parameternya (dalam hal ini adalah lokasi direktori) maka akan musnah semuanya dan tidak bisa dipulihkan kembali. 🙁

Masih ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan dan membersihkan harddisk di Debian atau Ubuntu, tapi silahkan dimulai dari langkah diatas terlebih dahulu yang relatif sederhana dan aman dilakukan pemula.

Semoga bermanfaat. 😀

Tinggalkan komentar