Apa efek disk space VPS penuh?

Pernah mengalami kapasitas harddisk atau SSD pada VPS penuh? Kalau belum maka akan saya ceritakan apa yang saya tahu dari masalah ini. Aslinya saya tidak sadar tapi karena seluruh website yang dihosting masih dengan normal dapat diakses tapi di bagian lain muncul error. Nah lho… 🙁

Apa ciri – ciri disk space Virtual Private Server anda penuh? Silahkan cek daftar berikut siapa tahu masalah yang anda alami bukan salah script atau CMSnya dan apalagi web server atau databasenya.

Proses login ke CMS yang digunakan gagal
Tidak ada pesan error seperti username atau password salah. Cuma diredirect kembali ke halaman loginnya. Inilah awal saya menyadari adanya masalah, karena gagal login ke WordPress.

Menulis file baru tidak berhasil
Ada satu situs WordPress yang kebetulan masih tersimpan cookie usernya. Jadi saya langsung bisa mengakses dasbornya. Ada update baru pada plugin dan tema yang terpasang. Saya coba perbarui dan ikut gagal. Setidaknya ada pesan error Terjadi galat saat memperbarui Jetpack oleh WordPress.com: Pengunduhan gagal. Gagal menulis permohonan ke dalam berkas temporer.. Dan pada tahap ini langsung tercerahkan kalau ada apa – apa pada penulisan data di VPSnya.

Gagal posting baru
Ini sebetulnya mirip ke poin 2, yakni saat mencoba menuliskan artikel baru di WordPress dan mempublikasikannya maka tidak berhasil disimpan dalam database server (MySQL).

Setelah ketiga tanda – tanda diatas segera saya cek kapasitas HDD VPSnya:

df -h

Dan benar saja memang penuh tidak ada sisanya:

Filesystem      Size  Used Avail Use% Mounted on
/dev/simfs       10G  6.5G  6.5G 100% /
none            512M  4.0K  512M   1% /dev
none            103M   96K  103M   1% /run
none            5.0M  4.0K  5.0M   1% /run/lock
none            308M     0  308M   0% /run/shm
none            100M     0  100M   0% /run/user

Ini yang membuat data baru tidak bisa ditambahkan. Untung segera terdeteksi, atau malah sudah telat ya. Haha. 😀

Apa solusinya? Silahkan lacak file – file atau direktori yang memiliki ukuran besar di Linux dan cek apakah aman untuk dihapus. Sudah itu saja cara mengatasinya, atau memang sudah saatnya migrasi ke paket VPS yang lebih besar kalau ternyata semuanya penting dan tidak bisa dibersihkan.

Untuk kasus saya ternyata ada file error log Apache dari salah satu domain yang dihosting yang memiliki ukuran hingga 3.6GB! Wow… Karena telah terjadi berulang – ulang seminggu sekali maka akhirnya saya matikan fitur pencatatan kesalahan pada Apache khusus untuk virtual host tersebut. Sudah saya baca isinya dan bukanlah hal penting ternyata.

10 pemikiran pada “Apa efek disk space VPS penuh?

    • Hmmm… saya belum pernah membiarkan lebih dari 2 minggu mbak dan ga down, masih bisa dibuka secara normal situsnya, tapi ga ada komentar baru yang masuk buruknya. Benar – benar kecolongan dah. 🙁

  1. haha.. pernah mengalami kehabisan hardisk gara2 mysql-bin dan slow query log membengkak, yang ada Error establishing a database connection setelah di cek
    e… ternyata hdd vps habis uda gt dengan sukses website Error establishing tadi selama 1 hari gak di ketahui 🙁

    • Berlaku 30hari/sebulan mbak. Dan itu kecil banget lho mbak 750Mb sebulan, situs anda dikunjungi ribuan orang sudah KO.

      Beli di provider mana ya mbak? Harganya?

    • Haha 😀 Saya sudah heran kalau VPS dapat bandwidth imut, ini yang jualan ikhlas ga. 😛 Biasanya minimal pun masih 100GB untuk paket terkecil.

Tinggalkan komentar