Serba serbi

Salah setting waktu bisa bikin server down

Halo, kali ini saya berbagi pengalaman yang barusan kejadian saja. Dan perkaranya sepele, soal setting waktu di VPS CentOS 8. Alasan saya menggantinya sudah saya jelaskan di tutorial sebelumnya.

Jadi entah kenapa atau karena mengantuk niat saya mencocokkan zona waktu VPS ke WIB (UTC+7) sempat bikin panik. Hal yang seharusnya mudah dan bukan masalah. Disini saya pakai UpCloud region Singapore.

Kesalahan saya adalah setting tanggal dan tahun saat itu, bukannya 1 Desember 2020 tapi saya ngetiknya 1 Desember 2019. Dan seketika itu juga server saya down, koneksi SSH putus.

Saya coba koneksi ulang selalu ditolak seakan-akan tidak ada layanan aktif sama sekali.

Biasanya solusi tergampang ya restart servernya lewat panel provider/hosting. Tapi kenyataannya saat saya instruksikan restart, sampai saya tunggu 20 menitan tidak ada progress sama sekali. Mana belum saya backup pula isinya, stres dan panik jadinya.

Akhirnya karena ga sabar dan ga ada jalan lain, akhirnya saya memaksa servernya untuk shutdown. Bukan shutdown biasa, karena ini 15 menitan saya tunggu juga ga ada respon tapi Force Shutdown.

Syukurlah bisa dimatikan walau paksa, setelah itu bisa dihidupkan kembali dan booting. Koneksi SSH sukses. Cuma waktunya saja salah, tinggal dikoreksi saja.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *