Mengatasi logout otomatis phpBB setelah beberapa menit

Ingin membangun komunitas online bisa memanfaatkan forum, salah satunya phpBB. Instalasinya sendiri cukup mudah, standar CMS umumnya dan malah bisa terima jadi kalau pakai Softaculous di panel hosting.

Tapi, setelah pemasangan selesai dan login sebagai admin atau user biasa kadang mengalami masalah setelah beberapa menit (bahkan detik) akan otomatis logout. Sesi kita berakhir dan harus login ulang lagi. Mending kalau cuma sekali, ini bisa dikatakan balapan dengan sesi yang berakhir dini.

Apa penyebabnya? Di phpBB untuk alasan keamanan maka alamat IP user yang login akan divalidasi. Sederhananya misal alamat IP saat pertama masuk ke akun adalah 192.168.1.1, eh setelah beberapa lama IP kita berubah menjadi 192.168.2.3. Karena ini kita langsung ditendang aksesnya.

Alamat IP kok bisa berubah sendiri? Ini karena sistem ISP kita yang menerapkan alamat IP dinamis. Jadi pada beberapa penyedia internet sebenarnya satu alamat IPv4 Public itu akan digunakan beberapa pelanggan dalam waktu yang sama dan dirotasi. Tinggal masalah seberapa lama saja karena pasti terjadi.

Bagaimana solusinya? Verifikasi alamat IP pengguna ini berlaku baik user biasa, moderator dan admin. Cara mengatasinya setelah login ke panel administrasi forum phpBB segera ke menu SERVER CONFIGURATION > Security settings > Session IP validation.

Di dalamnya akan ada 4 opsi validasi IP. Dimana All sebagai defaultnya, jadi harus persis alamat IPnya supaya valid. Saya sendiri cukup pakai yang A.B, jadi 192.168.*.* karena menjaga yang login tetap berasal dari ISP yang sama. Kalau A.B.C kadang masih terlempar karena blok IP yang dipakai cuma 2 pertama yang sama, ketiga bisa berbeda walau sama-sama milik ISP.

Bagaimana kalau kalah balapan dengan ip dinamis? Pakai koneksi internet lain, saya sendiri pakai operator seluler akhirnya untuk mengganti setting ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *