CMS

Plugin optimasi gambar WordPress

Agak berkutat mengoptimasi situs WordPress klien, kali ini fokusnya ke gambar atau foto yang jelas ada. Mulai dari blog biasa sampai toko online pakai WooCommerce. Sebenarnya banyak plugin yang tersedia dan ada yang gratis tapi belum tentu cocok dengan cara kerja anda.

Tujuannya sederhana: Kalau bisa gratis total ataupun freemium dengan batasan yang cocok dengan kondisi situsnya. Sangat diharapkan bisa konversi ke WEBP dan mungkin siap pakai AVIF kedepannya. Otomatis konversi saat konten media diupload, dan file-file lama bisa dioptimasi secara massal. Jadi apapun sumbernya: JPG, PNG, GIF, BMP dan seterusnya akan selalu mendapatkan kualitas terbaik dengan ukuran terkecil.

Saya bedakan menjadi beberapa kategori.

Layanan optimasi gambar online

  • ShortPixel: https://shortpixel.com/

    Ini pilihan utama saya sih, untuk gratisannya bisa dipakai optimasi gambar sebanyak 100 buah per bulan. Dan bisa ditambah lagi dengan sistem referral.Bisa dijadikan WEBP juga langsung. Wajib pakai akun, bisa daftar lewat link diatas untuk mendapatkan bonus kuota 100 gambar lagi (jadi 200 totalnya per bulan).
  • Imagify: https://app.imagify.io/

    Ini juga keren, settingnya lebih sederhana dibandingkan ShortPixel. Juga mendukung WEBP. Sangat-sangat cocok kalau penggunaan untuk blog pribadi atau jarang update, karena limitnya cuma 20MB per bulan.Pakai akun juga.
  • Robin Image Optimizer: https://robinoptimizer.com/

    Yang ini batasan filenya 5 MB per gambar, tidak ada kuotanya jadi unlimited, Tapi, tidak bisa konversi ke WEBP.
  • SmushIt: https://wordpress.org/plugins/wp-smushit/

    Kompres maksimal untuk JPG dan PNG, dibatasi ukuran filenya saja seperti Robin. WEBP hanya di versi berbayar.
  • Optimole: https://optimole.com/

    Ini bagus tapi lebih terbatas lagi. Selain kompresi gambar juga wajib pakai CDN mereka. 25 ribu akses per bulan. Terlalu kecil? Ya, saya juga merasa sama. Karena itu cuma sebatas melihat saja. Tapi cocok kalau blognya trafik kecil.
  • TinyPNG/Tinify: https://wordpress.org/plugins/tiny-compress-images/

    Ini plugin resmi dari TinyPNG. Cuma bisa kompres gambar JPEG dan PNG saja. Bikin akun dulu buat API Key, nanti diberi jatah 500 kompresi gambar gratis. Ini kuotanya yang terbesar untuk layanan online optimasi gambar.

Plugin optimasi gambar lokal

  • EWWW Image Optimizer: https://wordpress.org/plugins/ewww-image-optimizer/

    Tidak ingin pakai layanan eksternal? Ya, bisa pakai ini EWWW Image Optimizer. Jagoan saya kalau ingin semuanya diproses di dalam server sendiri. Catatan saja optimasi lokal begini kalau gambarnya banyak bisa membebani server dan sering timed out saat prosesnya.Bisa WEBP.
  • WARP iMagick: https://wordpress.org/plugins/warp-imagick/

    Sempat coba, tapi sekilas tidak out of the box langsung bekerja karena pada beberapa gambar ada penurunan kualitas. Ada WEBP juga.Ini juga jenis optimasi lokal.
  • Imsanity: https://wordpress.org/plugins/imsanity/

    Ini plugin untuk resize gambar yang diupload, jadi biar tidak terlalu besar ukurannya karena tampil di web pun tidak bisa sebesar itu juga.Perlu dikombinasikan dengan plugin kompresi gambar lainnya supaya efektif.

Khusus WEBP

  • WEBP Express: https://wordpress.org/plugins/webp-express/

    Mau langsung loncat ke WEBP? Bisa sekali, pakai plugin ini termasuk simple. Jangan lupa aktifkan penggantian file JPG/PNG ke WEBP secara otomatis. Setidaknya ada 2 metode yang bisa dites.
  • WEBP Converter for Media: https://wordpress.org/plugins/webp-converter-for-media/

    Yang ini fungsinya jelas, tapi dari pengalaman saya termasuk rewel sendiri. Sangat-sangat peka terhadap setting servernya soal replace gambar. Jadi di VPS saya coba lancar saja, tapi di shared hosting hoki-hokian bisa bekerja normal.

Penutup

Sebenarnya saya cuma pakai antara 2: ShortPixel atau EWWW Image Optimizer. Tapi dalam perjalanannya saya sekalian tes semua karena ingin tahu kompetitornya seperti apa. Dan apa yang tidak cocok buat saya bukan berarti jelek, jadi jangan ragu untuk mencoba yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *