CMS

Rekomendasi plugin Anti Spam WordPress

Hampir semua situs WordPress yang saya kelola menggunakan Jetpack sebagai media diskusinya, sederhana saja alasannya: Nihil bot spam komentar kecuali manual, bisa login pakai akun media sosial (Facebook/Twitter/WordPress.com), dan gratis. 😀

Tapi tentu saja ada pengecualian seperti di Servernesia sendiri yang murni menggunakan sistem komentar default WordPress, dan dari pengalaman saya Akismet sendiri tidak bisa menanganinya. Kewalahan tampaknya.

Saya tidak pakai Jetpack karena web ini pada obrolan dari pengunjung kadang menyisipkan kode, dan ini sebenarnya bukan dianggap spam sih tapi masalah keamanan. Sempat gagal dikirimkan karena terdeteksi script berbahaya. Entah valid atau tidak saya cuma dapat laporan ada komentar tidak berhasil.

Setidaknya ada 4 plugin antispam WordPress yang saya rekomendasikan dan semuanya ga pakai CAPTCHA, tapi cuma 3 yang aktif:

  1. Anti-Spam: https://github.com/webvitalii/anti-spam
    Ini merupakan plugin blokir spam terlama yang saya pakai disini, kurang lebih 3 tahunan. Nama sesuai fungsi dan ga ada aneh-anehnya, tinggal nyalakan saja kemudian lupakan. Tapi sayangnya sejak versi 7.0 disabotase oleh developer barunya, jadi Titan Anti-spam&Security. Dan yang barunya ini not recommmended, selain iklan upgrade premium juga dengan fungsi-fungsi tambahan malah jadi berat loading panel adminnya.

    Ini saya berikan link ke versi sehat terakhirnya, lewat GitHub nanti download dan install manual.

  2. Antispam Bee: https://wordpress.org/plugins/antispam-bee/
    Berikutnya adalah Antispam Bee. Ini adalah plugin wp yang spesifik blokir komentar saja, dan memang sangat efektif sekali juga ringan. Setting defaultnya setiap komentar yang masuk dan dideteksi spam tidak dihapus, kalau saya langsung ubah ke musnahkan saja. Capek lho ngecek satu-satu dan klik bersihkan spam.
  3. WP-Bruiser: https://wordpress.org/plugins/goodbye-captcha/
    Kalau butuh pengamanan lebih dari bot spam maka bisa pertimbangkan WP-Bruiser, karena selain melindungi dari komentar-komentar tidak berfaedah (juga efektif, saya sudah tes hampir setengah tahun) juga bisa ditujukan ke halaman login, formulir kontak dan sebagainya. Defaultnya spam otomatis diproses, jadi kita hanya melihat komentar yang dianggap valid saja.
  4. Forget Spam Comment: https://wordpress.org/plugins/forget-spam-comment/
    Ini yang paling kecil ukurannya tapi kemampuannya setara yang lain. Fungsinya satu saja: basmi komentar spam, tidak ada halaman settingnya. Begitu diaktifkan ya sudah.

Karena saya sudah puas antara 2 plugin terakhir jadi rasanya tidak perlu lagi mencari alternatifnya untuk comment form wordpress. Tapi kalau anda ada saran plugin wp yang bagus jangan sungkan menambahkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *