Content Delivery Network atau memang lebih dikenal sebagai CDN bisa menjadi langkah opsional untuk mempercepat transfer konten statis dari situs anda. Sekaligus menghemat bandwidth dari provider yang dipakai. Dari banyak penyedia layanan CDN yang pernah saya pakai, baik gratis maupun berbayar dan pakai sistem reverse proxy atau pull zone setidaknya ada yang bisa saya rekomendasikan.

Yang termurah belum tentu yang terbaik pastinya. Tapi memang secara pribadi condong mencoba yang biayanya paling rendah, apalagi kalau ada rencana memakainya dalam jangka panjang. Jelas harga sangat mempengaruhi penilaian saya. 😀

Tanpa banyak basa – basi rekomendasi saya adalah dibawah ini:

  • CloudFlare: https://www.cloudflare.com/
    Bukan nama yang asing saya yakin. 🙂 Pastinya sudah banyak yang tahu atau bahkan menggunakannya. Sejatinya ini adalah layanan reverse proxy dengan bonus filter trafik dan tentunya CDN. Selain itu keunggulan utamanya adalah ada layanan gratisnya dan dikombinasikan dengan SSL gratis bisa menjadi pilihan utama.
  • BunnyCDN: https://bunnycdn.com/

    Provider inilah yang sedang saya gunakan. Ini berbayar tapi saya cukup jatuh hati. Selain tarifnya paling murah walaupun dibandingkan KeyCDN, juga ada fitur HTTPS yang memanfaatkan Let’s Encrypt. Jadi tidak perlu keluar biaya lagi untuk beli sertifikat SSL.

Sementara cuma 2 ini. Hebatnya lagi bisa digabungkan kalau anda mau. CloudFlare dengan CDN konvensional bisa menjadi kombinasi optimal untuk akselerasi kecepatan situs anda.