Rekomendasi email hosting berbayar terbaik

Senada dengan petualangan saya dalam mencari layanan pendukung operasional VPS dan website yang dihosting didalamnya agar bekerja tanpa anda hambatan. Kalau sebelumnya adalah urusan provider VPS dan sertifikat SSL maka fokus kali ini adalah email hosting. Bukan yang gratis, tapi sudah naik kelas menjadi yang berbayar. 😛

Tentunya kriterianya kurang lebih sama:

  1. Saya sudah pernah pakai. Dari sini sana jelas daftar provider email hosting dibawah akan sangat terbatas.
  2. Berbayar. Belum tentu anda perlu memang.
  3. Belum tentu murah. Tapi yang saya pakai memang berdasarkan biayanya, tapi tidak dijamin murah.
  4. Tidak masuk spam atau gagal kirim. Ini berhubungan dengan syarat nomor 1, kalau tidak mencoba mana tahu kan.
  5. Ada dukungan custom domain. Wajib tentunya, kan ditujukan untuk komunikasi situs yang dikelola kan. 😀

Langsung saja silahkan dicek nama – nama hoster dibawah dan saya selingi dengan kesan – kesan selama penggunaannya selama ini:

  • GSuite: https://gsuite.google.com/
    Dulu namanya Google Apps dan sempat menjadi tren untuk disandingkan dengan nama domain karena gratis dan ini produk Google. Kalau sudah biasa pakai Gmail ya sama saja tampilan dan fungsinya. Sekarang sudah berbayar untuk pendaftaran baru dan ada beberapa website yang saya kelola masih terpasang layanan ini. Mungkin yang terlama sekitar 5 tahun dan sampai sekarang masih tanpa kendala.

    Tapi tarifnya cukup lumayan juga, paling murah $5 per bulan. Dan ini per user. Jadi jelas bukan yang ideal untuk penggunaan lebih dari 1 orang atau organisasi. Kecuali anda butuh layanan yang paling bisa diandalkan atau sudah punya akun lama seperti saya rasanya lebih baik cari alternatif lain.

  • MXRoute: https://mxroute.com/
    Layanan email hosting yang sangat terjangkau dan apabila anda bersabar biasanya akan ada promo/diskon besar. Untuk tarifnya sendiri dapat 5GB dengan biaya $25 per tahun dengan unlimited domain dan user. Jelas sangat ekonomis. Karena berdasarkan penggunaan pribadi dan dipakai lebih dari 10 nama domain ukuran rata – rata inbox usernya cuma 100MBan.

    Ini bisa digunakan sebagai SMTP server dan katanya diperbolehkan asal bukan abuse. Catatan saja, saya belum pernah menggunakannya untuk ini.

  • Zoho: https://www.zoho.com/
    Ini ada versi gratisnya dan sudah cukup bagus menurut saya. Dapat 25 user untuk satu nama domain/akun saja. Tapi kalau anda butuh lebih maka bisa ambil yang berbayar. Yang paling murah harganya $2 per bulan per user untuk pembayaran setahun. Secara fitur sebenarnya tidak hanya email hosting saja tapi ada layanan tambahan yang bersaing dengan GSuite.

    Secara deliverability tidak ada masalah, walaupun kata beberapa orang kadang down servernya. Tapi yang paling terasa untuk saya itu kemampuan anti-spamnya masih kalah dengan GSuite. Tapi musuhnya Google ya berat. 😀

Yang ada kemungkinan saya coba kedepannya (Honorable mention):

Untuk sementara memang cuma 3 layanan diatas dan 1 yang belum saya coba tapi teman saya rekomendasikan karena murahnya. Semoga kedepannya ada kesempatan mencoba yang lainnya lagi.

Kalau ada pengalaman dengan layanan hosting email lainnya yang berbayar silahkan ditambahkan karena tidak mungkin saya coba semuanya. Saling share saja biar tidak beli kucing dalam karung pas perlu. 🙂

2 pemikiran pada “Rekomendasi email hosting berbayar terbaik

  1. Saya lebih suka Zoho mas 🙂

    Kalau untuk Relay Catch All Incoming Mail, saya pakai Mailgun, versi Pro cukup Add Credit Card saja, bisa VCN dan VCC, No Charge.

    Tarif berbayarnya pun murah kalau Zoho, tapi mengingat saya gk butuh versi berbayar, maka saya cukup daftar 2 account Zoho dengan 2 No HP saya yang keduanya aktif, karena versi free gk bisa multiple domain.

    Intinya sih bisa-bisa kita aja manage-nya, saya memang punya banyak Domain yang menjadi Alias.

    Saya sudah gk percaya dengan fitur email bawaan web hosting shared, kalau Down, buyar semua, email pun Down, menurut saya email yg down itu lebih merugikan daripada website yang down. Karena email yang orang kirim gk bakalan masuk, kecuali orang itu ngirim ulang. Gimana kalau mesin yang ngirim ? dan itu penting ?

    Salah satu yang vital kalau kita pakai External Mail Service semacam ini adalah, DNS Service harus External juga, untuk itu saya percayakan dengan CloudFlare saja.

    • Sama mas, saya ga pernah nyentuh mail hosting yang diberikan web hostingnya. 😀 Bisa ribet kalau mau minggat. Mending memang pakai provider pihak ketiga yang spesialis layanan ini. Apalagi ada yang gratis. 🙂

Tinggalkan komentar