Menghubungkan nama domain ke alamat IP VPS

Langkah pertama saat baru pertama kali membeli VPS biasanya adalah bingung bagaimana cara menghubungkan nama domain yang dimiliki ke alamat IP servernya. Saat ada yang menanyakan hal ini ke saya lewat email jadi nostalgia sewaktu masih awam sekalu dulu. 😀 Aslinya caranya mudah kok, cuma harus memahami konsep DNS record dari nama domainnya.

Jadi sebenarnya untuk memastikan layanan yang aktif dalam Virtual Private Server anda bisa diakses lewat nama domain kita perlu:

  1. Alamat IPv4 atau IPv6 dari VPSnya. Cek email selamat datang dari provider anda atau di control panelnya langsung.
  2. Nama domain.
  3. DNS hosting, bisa dari tempat anda membeli domain atau menggunakan layanan pihak ketiga.
  4. Ada layanan seperti web server yang aktif dalam VPS yang sudah disetting melayani permintaan ke nama domain tersebut. Kadang disebut setting virtual host. Minimal kalau belum diapa – apakan akan muncul halaman default Apache, Nginx, VestaCP, dan sebagainya.

Disini saya menggunakan Hurricane Electric untuk DNS hostingnya, anda menggunakan yang lain ya tetap sama saja konfigurasinya:
hurricane electric hosted dns add a record

  1. Ya, langsung saja buat A record kemudian isikan apa hostname (nama domain atau subdomain biasanya) dan alamat IPv4 server anda. Sudah itu saja, asalkan VPS anda sudah disetting menerima nama domain ini maka dalam 5-30 menit sudah bisa diakses online tergantung proses propagasi DNS.
  2. Alternatifnya kalau anda beli VPS tipe NAT IPv4 yang hanya memberikan dedicated IPv6, ini harus menggunakan AAAA record. Kadang tidak selancar itu kalau dibuka dari browser – diping dulu untuk memastikan sudah benar – ini menandakan ISP anda tidak mendukung koneksi internet hanya dengan IPv6. Solusinya anda harus mengaktifkan Reverse Proxy yang akan memberikan alamat IPv4 ke server anda, tapi cuma aktif untuk port 80 (HTTP) dan 443 (HTTPS).

Untuk TTL ( Time To Live) ini menandakan berapa lama waktunya sampai record DNS tersebut akan diupdate datanya. Kalau jarang berubah diisi 1 hari juga tidak masalah.

Anda juga bisa menggunakan cara yang sama untuk menghubungkan nama domain ke alamat IP server web hosting biasa, tapi saya yakin kalau ini anda sudah lebih paham. 😉

Semoga bermanfaat. 🙂

2 thoughts on “Menghubungkan nama domain ke alamat IP VPS

  1. domain itu apaan si mas ? dan prangkat domain itu sperti apa ? apakah di vps dapat membuat domain sprti .com, net dll.. klo bisa knpa qu hrs beli domain di tmpat lain..

    • Singkatnya nama domain itu ya… nama atau alias dari suatu resource yang tersedia online. Aslinya kita bisa kan mengakses VPS langsung pakai alamat IPnya? Tapi siapa yang hapal atau tahu kecuali pemilik servernya. Nah… jadi dengan domain itu dipermudah dengan mengasosiasikan nama dengan alamat IPnya.

      Dan urusan beli domain ini pusatnya cuma satu: Registrar untuk masing – masing TLD. Jadi kalau ingin nama domain tertentu ya harus ikut aturannya.

Leave a Comment