Solusi gagal membuka OpenLiteSpeed WebAdmin console

Saat ini saya sedang menguji coba OpenLiteSpeed 1.4.15 dengan PHP 7.0.2 yang merupakan pertanyaan dari mas Jarry. Baru ada kesempatan pagi tadi dan ternyata kok malah gagal. Ahaha. 😀 Saya menggunakan CentOS 7 dan menginstall seperti biasanya, tidak ada masalah disini kecuali MariaDB 10.1 dan dependensinya butuh kapasitas harddisk yang cukup besar untuk instalasinya. Masalahnya saat mengakses halaman administrasinya pada port 7080 kok malah gagal.

Diagnosa awal saya adalah lupa menjalankan service dari OpenLiteSpeed, mungkin memang iya jadi saya langsung eksekusi saja perintahnya:

/usr/local/lsws/bin/lswsctrl start

Balasannya sendiri sudah menandakan kalau berhasil diaktifkan:

[OK] litespeed: pid=16051.

Tetap saja error seakan – akan tidak ada koneksi ke servernya. Waduh… 🙁

Mungkinkah port yang digunakan OpenLiteSpeed bermasalah? Memang bisa jadi konflik dengan service lain, walaupun ini kecil kemungkinannya karena yang saya gunakan adalah CentOS 7 edisi minimal yang seharusnya tidak disertakan program – program non-esensial seperti web server. Tapi tidak ada salahnya kita analisa dulu apakah ada yang aktif pada port yang sama:

netstat -an | grep 80

Malah port 80 (HTTP) tidak ada yang aktif dan sudah jelas port 7080 dan 8088 default dari LiteSpeed sudah normal dalam status LISTEN:

tcp        0      0 0.0.0.0:7080            0.0.0.0:*               LISTEN     
tcp        0      0 0.0.0.0:8088            0.0.0.0:*               LISTEN

Baru pada tahap ini saya tersadar… jangan – jangan diblokir aksesnya oleh firewall karena port yang ingin dibuka tidaklah standar. Biasanya distro Linux defaultnya menggunakan iptables. Saya agak teledor dan tidak mengecek isi aturannya tapi langsung saja menambahkan filter baru yang memperbolehkan akses kedua port diatas:

iptables -I INPUT -p tcp --dport 7080 -j ACCEPT
iptables -I INPUT -p tcp --dport 8088 -j ACCEPT

Dan… saya coba membuka alamat IP server dengan kedua port diatas. Hasilnya adalah sukses muncul halamannya! Yeah! :D. Sekarang saya bisa melanjutkan ujicoba dan penulisan panduannya. Kalau sukses ada niatan mencoba Ajenti-V selanjutnya. 🙂

Tinggalkan komentar