Mengalihkan 404 ke 301

Terus terang ini permintaan paling aneh buat saya yang disampaikan lewat email. Katanya sih ada manfaat SEO kalau setiap link yang muncul error 404 Not Found (yang artinya konten tidak ditemukan) dialihkan menjadi 301 Moved Permanently (yang menandakan lokasi konten tersebut sudah dipindahkan permanen). Saya bukan ahli masalah optimasi Google jadi no comment mengenai apakah memang ada efek positifnya.

Karena saya sendiri kurang paham soal fungsinya jadi tidak bisa menjelaskan lebih lanjut. Apabila menurut anda ada gunanya atau diperlukan silahkan dicoba saja. Tapi setidaknya saya tahu solusinya. Hehe. 😀

Apache

RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteRule . / [L,R=301]

Intinya kalau ada konten yang ditemukan maka akan otomatis diredirect ke halaman index websitenya, dengan kode 301 tentunya. Dan bisa anda sesuaikan URLnya (gantikan / ke link yang anda inginkan) mau anda tendang kemana pengunjungnya. Bisa anda letakkan di konfigurasi Apache atau dalam htaccess.

Nginx

error_page 404 = @tendang;

location @tendang {
  return 301 /;
}

Lebih elegan Nginx rasanya, tidak perlu rewrite tapi langsung dideteksi apabila terjadi kode 404 maka langsung dialihkan ke halaman utama situs dengan kode 301. Dan tentu saja URLnya bisa diubah. Masukkan kedalam konfigurasi virtual hosting website anda kalau bingung mau ditempatkan kemana.

Saya berikan solusi secara web server karena lebih hemat resource dibandingkan melalui PHP (juga karena saya tidak tahu 😛 ). Tapi setidaknya di WordPress ada pluginnya kalau anda tidak mau ribet.

Tinggalkan komentar