Mencari VPS termurah

Memiliki Virtual Private Server sekarang adalah hal yang mudah, bahkan ada yang menawarkan VPS gratis kalau anda berminat. Tapi kalau untuk digunakan untuk hal yang penting sebaiknya menggunakan yang berbayar saja, ini untuk menjamin kualitas servernya dapat diandalkan dan layanan supportnya terjamin. Dan ini tidak harus mahal kok asal kita tahu mencarinya dimana.

Saat ini ada 3 sumber daftar tawaran VPS hosting murah yang rutin saya kunjungi setiap beberapa hari sekali:

  1. LowEndBox: http://lowendbox.com/
    Ini merupakan pionir dalam menginformasikan adanya tawaran paket VPS yang murah dan spesifikasinya bisa dari sangat rendah (128MB RAM). Dulu saya mengawali belajar mengenai VPS lewat situs ini, fokusnya untuk memilih – milih VPS terbaik dengan harga terjangkau. Seingat saya 2 bulan setelah membaca – baca setiap tawaran dan reputasi VPS providernya baru saya beli satu dari WeLoveServers (sudah tidak saya gunakan lagi karena kualitasnya turun).
  2. LowEndTalk: http://www.lowendtalk.com/categories/offers
    Setelah beberapa bulan menggunakan VPS saya baru tahu kalau LowEndBox memiliki forum dan ternyata lebih sering update tawaran VPS murahnya disini. Kabarnya karena birokrasi untuk ditampilkan di situs utamanya memakan waktu lama jadi banyak penyedia VPS memasang iklannya disini. Jadi kalau anda butuh informasi terbaru dan lebih banyak tawarannya sebaiknya baca – baca disini saja.
  3. VPSBoard: https://vpsboard.com/forum/10-vps-offers/
    Sedangkan ini merupakan saingan dari LowEndBox/LowEndTalk, ada beberapa provider VPS yang secara ekslusif memasang tawarannya disini dan tidak kalah murahnya. Kadang terlewat kalau tidak tahu. Kadang diskonnya sendiri cukup besar.

Tentu saja sebelum anda membeli saya sangat menyarankan agar baca – baca dulu siapa penjualnya dan terutama reputasinya. Kalau sudah nama lama biasanya bisa dikatakan cukup aman, kalau masih baru akan unggul di harga promonya tapi agak beresiko apakah bakal bertahan lama layanannya. Kadang bisa beruntung mendapatkan VPS dengan 512MB RAM seharga 10$ per tahun, tapi sangat terbatas jumlahnya.

Bila yang anda cari adalah VPS yang berlokasi Indonesia (IIX) maka terus terang buat saya masih mahal kalau dibandingkan dengan apa yang didapatkan, sedangkan perbedaan lokasi negara cuma berbeda beberapa ratus ms saja maksimal secara konektivitas. Kalau untuk web server masih dapat ditoleransi lah, kalau tidak ya membeli di lokasi Singapura yang dekat.

Daftar ini akan saya koreksi kalau ada kesalahan dan update saat ada informasi baru. Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar