Review WeLoveServers penyedia VPS terjangkau

Saya sudah menggunakan layanan VPS dari We Love Servers lebih dari satu tahun dan menggunakan paket VPS berlokasi di Orlando, Florida dengan spesifikasi berikut:

1GB RAM
1.2GB vSwap
4 vCPU Cores
30GB Disk space
1TB Bandwidth
100Mbps uplink
1x IPv4 address
OpenVZ/SolusVM
$19/Year

Harganya kurang lebih sekitar 240ribuan rupiah per tahun, dan saya menggunakannya untuk hosting beberapa website pribadi dan teman. Dengan ribuan pengunjung per hari totalnya ternyata tetap mampu melayani mereka semua dengan lancar.

Pengalaman menggunakan VPS di We Love Servers

Selama ini sebenarnya tidak ada masalah berarti tapi dari pemantauan Pingdom dan StatusCake saya rutin dikabari bahwa website yang berada dalam VPS down, tapi VPSnya masih bisa diakses dengan lancar. Ternyata system load dari node VPS saya di WeLoveServers cukup tinggi dan ini membuatnya bertekuk lutut.

weloveservers-pingdom-monitoring

Anehnya saat saya lacak proses apa yang menghabiskan resource VPS ternyata tidak ada penyebab yang jelas, tidak ada proses input/output ke harddisk juga. Berbekal analisa amatir saya ini maka saya simpulkan ada yang menyalahgunakan (abuse) resource seluruh node VPS, dan memang benar saat saya keluhkan langsung ke pihak supportnya.

Sayangnya saya pernah mengalami masa – masa rutin melaporkan ke support WLS karena hampir setiap hari beban sistem akan sangat tinggi (bahkan pernah mencapai 16). Mungkin ini efek negatif kalau VPS yang dibeli berharga murah, banyak yang melakukan abuse resource servernya.

weloveservers-top-high-system-load

Tapi titik cerahnya adalah dalam 2 bulan ini sudah sangat jarang atau malah tidak pernah sama sekali ada masalah pada VPS saya.

Kualitas support We Love Servers

Walaupun yang kita beli adalah layanan VPS berjenis unmanaged tapi support adalah faktor penting dalam membantu kita mendeteksi adanya masalah juga solusinya. Nah… kalau di WLS kita lebih sering dilepas oleh supportnya dan diharapkan mandiri dalam menanganinya. Kualitas supportnya juga tergantung siapa yang anda dapatkan, tidak semuanya teliti dan sabar dalam menanggapi pertanyaan anda.

Bahkan saya harus mengejar ticket yang berhubungan dengan masalah diatas untuk mengetahui apa masalahnya dan apakah bisa dicegah karena hal ini terjadi diluar kendali kita sebagai penggunanya. Jadi buyer beware saja, ketahuilah apa yang anda akan dapatkan dengan harga tersebut.

Penutup

Kualitas VPS We Love Servers terus terang sudahlah cukup bagus dibandingkan dengan harganya, walau kadang terjadi masalah tapi tidak terlalu fatal dan bisa diatasi melalui ticket ke support. Saya tetap menyarankan mereka kalau anda membutuhkan VPS dengan spesifikasi cukup baik tapi dengan harga terjangkau, tapi kalau dibuat hal yang penting harap bersiap – siap saja. Kualitasnya seperti yoyo, naik turun tidak jelas. Malah saya awalnya hanya menggunakannya untuk belajar VPS.

Tinggalkan komentar