Rekomendasi web hosting gratis

Walaupun sudah menggunakan VPS untuk mayoritas situs yang saya kelola tapi kadang saya masih suka menggunakan shared hosting, apalagi kalau si pengguna awam dan ingin panel agar mudah melihat sendiri apa – apa saja yang bisa disetel. Khusus untuk mencoba – coba atau untuk website yang trafiknya masih kecil dan saat saya malas mensettingnya biasanya langsung saya tempatkan pada free hosting karena mudah dan cepat. Ga ngurus billing kok. 😛

Terus terang sangat banyak yang menawarkan web hosting gratis, tapi sedikit yang berkualitas dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Nama – nama populer hasil pencarian Google “hosting gratis” atau “free hosting” dan seterusnya malah buat saya kurang optimal dari segi performa. Memang sih, gratisan kok minta bagus. Tapi ada kok yang saya gunakan selama ini dan belum mengecewakan.

  • AFreeCloud: https://afreecloud.com/
    Dari situsnya sih dikatakan ada cPanel, Interserver dan Vesta. Tapi selama ini saya perhatikan stoknya yang tersedia cuma ada Vesta, dan saya juga kebagian yang ini. Aktivasi akunnya manual, biasanya dalam 1-3 hari setelah registrasi. Jadi harap bersabar.
  • HostMada: https://hostmada.com/free-hosting
    Saya tahu nama HostMada aslinya dari provider VPS dan tidak ada rumor jelek untuk layanannya. Tampaknya paket hosting gratis yang disediakan cukup baik dan populer karena sering sekali sold-out. Pakai cPanel.

Kalau anda butuh hosting yang cuma – cuma rekomendasi saya saat ini cuma dua diatas saja. Cocok untuk proyek baru atau percobaan yang belum butuh investasi untuk berbayarnya.

2 pemikiran pada “Rekomendasi web hosting gratis

Tinggalkan komentar