Rekomendasi layanan SMTP server gratis

Menerima email dalam VPS itu masalah gampang, asalkan mail servernya sudah siap dan setting MX recordnya sudah tepat pasti lancar – lancar saja. Lain lagi ceritanya kalau kita ingin mengirimkan email dari servernya, banyak faktor yang membuatnya gagal. Jadi SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) ini jelas tidak se-simple namanya.

Solusi alternatifnya adalah memanfaatkan layanan SMTP server eksternal dan terus terang malah merupakan metode utama yang saya gunakan untuk menjamin kiriman email diterima oleh yang dituju. Percuma kirim surat elektronik banyak – banyak kalau masuk spam.

Tentu saja kalau bisa layanannya bisa digunakan gratis dengan kuota yang masih masuk akal untuk sehari – hari atau lebih leluasa lagi. Jadi jelas saya hanya membahas layanan SMTP server yang memberikan jatah email sekian – sekian per bulannya dan otomatis reset setiap awal bulan billing baru. Banyak lho yang cuma menawarkan misal 10.000 email pertama setelah itu bayar.

  • Gmail: https://mail.google.com/
    Kalau anda punya akun Google/Gmail maka bisa memanfaatkan SMTP servernya secara gratis. Batasannya adalah 20 email per jam. Kekurangannya nanti isi From adalah alamat Gmailnya, jadi kurang bagus kalau ada yang memperhatikan.

    Sekedar cerita saja, saya tahu ada yang sampai menggunakan 5 akun Gmail dan dirotasi penggunaannya. Terus terang kalau pengirimannya sudah sebanyak itu lebih baik pakai yang berbayar saja.

  • SMTP2GO: https://www.smtp2go.com/
    Layanan SMTP server yang tidak ribet. Tinggal daftar dan gunakan saja username beserta password akun anda untuk mengirimkan email lewat SMTPnya. Ini yang sekarang saya pakai di forum Servernesia. Batasannya adalah 1000 email per bulan. Tidak banyak tapi sudah cukup untuk blog/forum skala kecil.
  • Mailjet: https://www.mailjet.com/
    Salah satu layanan SMTP favorit saya. Kuota yang diberikan lebih lega, hingga 6000 email per bulan. Melihat tampilan dasbornya bisa bikin bingung karena mereka juga menawarkan layanan newsletter. Gabung jadinya.
  • SendGrid: https://sendgrid.com/
    Ini adalah yang pertama kali saya coba 2 tahun lalu dan aktif digunakan sampai saat ini. Batasan emailnya adalah 12000 setiap bulannya. Senada dengan Mailjet, kalau anda hanya butuh SMTP maka fitur – fitur SendGrid lebih dari cukup.
  • Mailgun: https://www.mailgun.com/
    Mailgun mentargetkan pelanggan yang paham pengembangan software. Batasan emailnya 10000 per bulan. Tapi merupakan layanan SMTP yang agak bikin jengkel karena ribet sekali soal verifikasi data pelanggan. Saya ingat pas daftar langsung dinonaktifkan akunnya, muncul pesan error Your account is temporarily disabled. Business Verification Please contact support to resolve. dan buka ticket untuk kontak ke support juga bermasalah. Kalau anda bisa melanjutkan prosesnya baguslah, kalau tidak sebaiknya anda gunakan yang lainnya. Repotnya tidak sebanding.

    Update, sekarang sudah berhasil diverifikasi. Saya anjurkan lebih baik pakai API daripada SMTP servernya langsung. Entah kenapa saya mesti gagal kalau pakai SMTPnya Mailgun.

  • Pepipost: http://www.pepipost.com/
    Pepipost memberikan batasan kirim – kirim email terbesar: 25000 per bulan. Tapi saya agak ragu secara aktif menggunakannnya karena email konfirmasi registrasi akun mereka sendiri masuk ke spam. Haha. 😀 Jadi sementara masuk tahap ujicoba, tapi rasanya cuma kesalahan sekali karena email – email setelahnya lancar jaya masuk inbox.
  • ElasticEmail: https://elasticemail.com/
    Ini nama baru yang sedang saya test-drive dari minggu lalu. Tahunya karena mereka partner dari OpenClassifieds yang sedang saya ujicoba juga. 😀 Kerennya sih mereka memberikan limit sebesar 125.000 email per bulan secara gratis. Verifikasi yang repot cuma lewat SMS ke hp. Sisanya lancar jaya.

Daftar layanan SMTP server gratis diatas akan saya update dan koreksi dari waktu ke waktu. Karena ini namanya rekomendasi jadi jelas yang pernah saya coba saja, tapi anda bisa menambahkan layanan lain berikut kesan – kesannya. 🙂

Changelog:
* (14 Okt 2016) Sedikit update untuk Mailgun dan menambahkan ElasticEmail.

Semoga bermanfaat. 😀

125 Comments

  1. hari ini terima notif dari mandrill yang isinya semua akun free harus upgrade ke layanan berbayar yang deposit minimalnya $20 🙁
    harus nyari alternatif lain

    1. Haha 😀 Sama mbak dan momennya kok kebetulan pas dengan saya bahas SMTP server gratis. 😛 Sementara masih bisa diandalkan SendGrid dan Mailjet. Semoga awet.

      Mbak butuh newsletter/email marketingnya atau SMTP server?

  2. hanya butuh smtpnya saja mas, sudah coba mailjet ribet banyak pertanyaan, smtp2go ada batasan email yg bisa dikirim perjamnya untuk akun free.

    1. Mbak butuh ngirim berapa? Ini email notifikasi ya buat forumnya? Ga pingin coba yang berbayar saja? Ini saya sedang mempertimbangkan beli di MXRoute, cuma $5 per tahun dan batasnya cukup longgar katanya. Dulu pernah punya disana tapi yang $10 dan akhirnya expired ga terpakai.

      1. nah murah sekali mas, berapa maksimum pengiriam perbulannya mas? iya untuk email notifikasi mas,,kalau makai opsi default masuknya selalu ke folder spam,,sudah enak make mandrill karna proses notifnya cepat sekali.

      2. Pas saya nanya ke yang punya sih asal masih wajar ratusan hingga ribuan per hari itu ga masalah. Tapi kalau ribuan kayanya ya ga boleh yang $5 per tahun mbak. Haha 😀 Dan bila per hari sudah mendekati 10ribu email ini sebaiknya custom plan.

        Saya juga bingung masalah notifikasi email di forumnya sih mbak. Defaultnya kan di email kalau ada komentar, masih kecil sih ga masalah kiriman emailnya. Tapi kalau sudah banyak ya jelas habis kuotanya. Sementara saya nonaktifkan notifikasi email untuk watched topicnya.

        Ada setting semacam digest tidak mbak di XenForo? Maksudnya biar digabung jadi satu seluruh notifikasinya dan dikirim sehari sekali kalau ada. Rasanya lebih hemat begitu.

  3. kalau nggak salah tadi cek out of stock ya? info linknya ada mas?
    notifikasi reply saya juga nonaktifkan mas, email notifikasi hanya untuk conversation dan aktifasi registrasi 🙂
    fitur macam digest kayaknya sudah masuk suggestion https://xenforo.com/community/threads/daily-digest.112380/
    untuk addonnya sudah ada yg gratis dan berbayar :
    https://xenforo.com/community/resources/daily-digest.4638/
    https://xenforo.com/community/resources/th-forum-digest.4824/
    https://xenforo.com/community/resources/watched-threads-digest.4986/

    1. Sumber kita rasanya sama mbak. Haha. 😀 Yang disini kan? https://billing.mxroute.com/cart.php?a=add&pid=41

      Sudah habis stoknya. Semoga dalam beberapa hari direstok paket yang murah meriah ini.

      Wah… terimakasih referensi addonnya mbak. Dan sayang bukan fitur standar XenForo. Kalau forumnya ramai dan banyak yang reply bisa hancur kuota kirim emailnya. Yang menerima pun merasa terganggu kalau banyak sekali notifikasi emailnya.

    1. Saya juga baru tahu, sudah terlanjur punya akun SendGrid. 🙁 Buat lagi masalah tidak ya. Kan ditanya kelengkap identitas pas setelah konfirmasi email.

      Itu sebenarnya link registrasi akun kalau kita menggunakan produk Google mbak, yang Google Cloud Computing atau AppEngine rasanya. Tapi bisa diakses umum. Ya hajar dah. 😀

      1. Bisa digunakan sebagai SMTP relay mbak? Nanti takutnya sama kaya Gmail, Fromnya menggunakan alamat email Zoho bukannya alamat email nama domainnya. Tapi kalau cuma dibuat notifikasi ya tidak masalah sih, besar juga kuotanya. 🙂

        Trims infonya mbak. 😀

    1. Dari link diatas kok dari Zoho sudah ada larangannya ya mbak:

      Relaying disallowed:

      When you send emails from other software, if the email address you specify does not match the email addresses in the account for which authentication details provided by you, you will get the ‘Relaying disallowed’ error when trying to send emails through the servers.

      Generally, it may happen when you use a default address as sender (in a coded program), or when you have mistyped the email address section in the configuration. You will be able to receive emails, as only the authentication will be required for syncing emails. Only when you send emails, the email address with which you send is matched with the credentials you provide for the outgoing server. Hence correcting the email address would resolve this issue.

      When you send emails via SMTP client, if the email address you have entered does not match the email address for the account details provided, the client will not be able to send emails and will get a Relaying disallowed.

      Relaying disallowed when using Outlook Calendar and Mail:

      When you directly forward Calendar events from Outlook, by right click, the ‘Relaying disallowed’ error will occur, as the event invitation will be sent using the organizers email address, which cannot be completed due to authentication mismatch. Hence we suggest you to use the Right Click, Forward as Attachment for the events to avoid this error.

      Kecuali kalau sudah dibuat akun email dengan custom domain di Zoho. Saya memahami aturannya seperti itu.

      1. Lah ini… SparkPost mbak berhasil daftar? Dari beberapa hari lalu saya coba tiap hari gagal. Cuma muncul pesan error ga jelas saat sign-up:
        Uh oh! Something went wrong. Please try in a few minutes or email [email protected].

        Padahal yang paling bagus dibandingkan yang lainnya soal kuota SMTPnya.

  4. tadi coba hubungi supportnya dan dibalas :

    Hello,
    Unfortunately SparkPost is not available in some countries. Which country are you in?

    Elizabeth
    Regards,
    Elizabeth
    SparkPost Support

    😀

      1. Wah… iya ya, ngakalinnya bisa daftar dari negara lain. Tidak ada melengkapi identitas akunnya mbak? Takutnya nanti diperiksa registrasi darimana dan negara aktif akunnya berbeda.

      1. nggak perlu harus lengkapi akun mas 🙂 mailjet juga akhirnya di approve setelah bincang-bincang lama hehe 😀

      2. Wah… akhirnya saya – berhasil – buat akun di SparkPost. Diracuni mbak Shafira. Haha. 😀 Semoga lancar jaya tidak disuspend kedepannya. 😛

  5. Halo mas chandra apa kabar?
    saya sudah coba sparkpost ternyata tidak seperti mandril yang memperbolehkan public domain seperti gmail.com/hotmail/yahoo mail dll jadi harus atur “sending domain” sudah sukses atur SPF text dan DKIM record tapi masih bingung dengan pengaturan verify by email untuk opsi [email protected] dan [email protected] 🙁 , semoga mas chandra buatin artikelnya untuk pengaturan sparkpost ini terutama buat xenforo 😀

    sementara pakai sendgrid yang masih memperbolehkan menggunakan public domain 🙂
    salam.

    1. Halo mbak Shafira, baik – baik saja. 🙂

      Saya belum mendalami fitur dan setting SparkPost, mungkin besok saya lihat – lihat mumpung pas liburan. Jiah ternyata ini hari minggu ya. Haha. 😀 Sekarang sedang kejar target ngabisin credit DigitalOcean soalnya. Mau expired soalnya. 😛

      Dulu pakai alamat email apa mbak untuk SMTPnya? Saya memahaminya tetap pakai Gmail/Yahoo semacamnya ya? Bukan dari nama domain situs/forumnya? Tampaknya SparkPost mintanya anda verifikasi kepemilikan nama domain baru benar – benar diaktifkan SPF dan DKIMnya. Tidak ada mail hostingnya pada domain anda mbak? Itu dikirimkan email verifikasi ke alamat yang anda sebutkan diatas.

  6. terima kasih kemarin habis memindahkan web ecommerce saya dari shared hosting ke vps bingung untuk setting emailnya, akhirnya nemu artikel ini dan berhasil pake sparkpost (thanks mbak shafira info dan triknya).

    saat ini saya kan pake panel webuzo, karena sering ngedown berniat untuk pindah tanpa panel saja. untuk incoming emailnya sendiri pake forwader, jadi semua email masuk ke [email protected] saya forward ke akun gmail ([email protected])

    nah untuk setting email forwader ini kalo tanpa panel caranya gimana ya mas candra? kalo di webuzo kan enak seperti cpanel, tinggal masukkan email yg mau diforward

    1. Halo mas Tom, jangan dibuat rumit mas. Hehe. 😉 Paling mudah dan cepat mas pakai FreeDNS dari Namecheap: https://www.namecheap.com/domains/freedns.aspx untuk nama domain anda. Jadi dihosting disana. Setelah itu aktifkan fitur Mail Forwarder gratisnya dan mengisikan alamat email tujuannya. Selesai. 😀 Cuma beda sedikit dengan setting lewat panel Webuzo/cPanel mas. Saya bahas secara umum disini mas: https://servernesia.com/1315/layanan-email-forwarder-gratis/

      Kalau boleh tahu mas pakai VPS dari provider apa ya mas sekarang? Harga dan paketnya? Kesan – kesannya?

    1. Cuma butuh SMTPnya saja? Bisa pakai versi berbayarnya dari layanan – layanan yang saya sebut diatas mas. Cukup bagus kok.

      Mungkin kalau yang lainnya bisa coba Amazon SES atau MXRoute. Keduanya berbayar.

      Hosting ini maksudnya ya web hosting mas? Tidak perlu kok.

  7. mas chandra, bisa bikinin tutorial nya gak untuk daftar sendgrid dan cara pakainya di sender deluxe? trus kalo mau beli gimana cara bayarnya?

    1. Halo Ican, ada kesulitan dimananya mas daftar SendGrid? Dan Sender Deluxe ini software berbayar ya? Saya belum pernah coba soalnya. Yang pasti anda harus mendapatkan SMTPnya baru bisa.

      Bayarnya per pemakaian kalau ga salah mas. Lewat PayPal atau kartu kredit mestinya.

  8. Mas candra , tolong di bkinin tutor utk dftar akun di sendgrid n amazon ses dnk
    Ane dftat selalu kena verif mulu -_-
    Thanks before

  9. sekarang hampir semuanya pake verifikasi, musti email dulu ke adminnya, harus jelasin tujuannya buat apa. selama ini ane selalu diapprove karena hanya buat beberapa blog, kalo ane mau bikin forum kira2 diapprove gak ya? ada yang punya pengalaman?

    1. Saya ada mas pengalaman verifikasi pakai forum (ya forumnya blog ini) ke Mailgun. Langsung diterima tanpa banyak bicara. Asalkan jelas penggunaannya dan tidak melanggar hukum hampir pasti diproses.

    1. Yang di Pepipost seperti ini mas:

      1. Buat subdomain seperti delivery.nama_domain.tld
      2. Kemudian buat CNAME record dari subdomain tadi ke lnk.pepipost.net
      3. Terus buat TXT record dengan nama pepipost._domainkey.[SUB-DOMAIN] dan nilai isinya akan diberikan PepiPost.
  10. Hi Udin,

    I am from Pepipost. Before you can start sending mails through Pepipost using your company’s domain, you need to add and verify the domains. The verification is done to ensure your domain’s security.

    To add a domain: Please ref this – http://support.pepipost.com/knowledge_base/topics/how-to-add-and-verify-my-domain

    DKIM : ref this – http://support.pepipost.com/knowledge_base/topics/how-to-set-custom-envelope-sender-slash-return-path-address-and-dkim

    If you have any query, then you can directly connect with our tech guy over live chat on website.

    Website: http://www.pepipost.com/

  11. Uh oh, you are not allowed to send from this sending domain. Find out why.
    harus ganti domain kah mas ?
    sprakpost

  12. Kok saya daftar sendgrid selalu mentok di: Unfortunately, your account did not pass provisioning. We've sent you an email outlining why your account was not activated.

    Ada trik khusus kah ada lolos proses provisioning??

      1. Di email cuma ada email verification. Trus email kedua lgsg info ttg akurasi data domain dan akun. Tapi gak ada link di mana utk proses verifikasi domain dan data tsb

      2. Mas sudah setting SPF dan DKIM dari SendGrid buat domain tersebut? Biasanya ini metode verifikasi domainnya.

      3. Belum. Utk dapatin alamat SPF dan DKIM nya di mana?? Karena gak ada dikirimin email ttg settingannnya

      4. Email terakhir dari Sendgrid:

        Our provisioning process is done in order to protect our system as well as inboxes around the world from potential spam email. We perform many checks to determine the validity of our new customers and unfortunately some of those checks have triggered scores that are historically indicative of high risk. Our Provisioning Team will not be able to provision your account for this reason.

        In regards to billing, as your account has not been activated, no payment has been processed against your credit card.

        We thank you for your consideration and we wish you the best in your future endeavors.

      5. Oh intinya tim SendGrid setelah mengecek informasi yang diberikan (kurang tahu apa dan bagaimana pertimbangannya) akun anda divonis tidak diterima.

        Ya terpaksa cari penyedia lainnya mas.

      6. DKIM boleh lebih dari satu mas, tapi kalau SPF cuma 1 saja. Tapi beberapa nilai SPF bisa digabung jadi satu.

      7. Sama – sama mas, saya juga belajar baca teorinya lagi. 😀

        Coba kombinasikan ElasticEmail dan SparkPost saja, limitnya lega soalnya.

  13. Mas ada cara agar sendgrid ga gampang suspend? Baru ngirim 10 email udah suspend, Saya ngirimnya pake email sender duluxe

    1. Saya ngeblank mas, soalnya belum pernah kena suspend walaupun kirim sudah ribuan (milik klien) di sendgrid. Tapi ngirimnya pakai SMTP Relay langsung dari CMS dan untuk marketing pakai dalam panel di sendgridnya. Belum pernah pakai sender deluxe. Sudah verifikasi nama domain kan?

  14. Halo Mas Chandra, sy sudah daftar sendgrid, trus untuk memulai bisa email ke seluruh database email saya gimana ya mas ? maaf saya newbie untuk email marketing dan ingin sekali belajar. terima kasih

      1. Eh… baru tahu saya gratisannya sudah lenyap. Trims infonya mas.

        Mas butuh kirim berapa email per bulan? Sudah coba SparkPost atau ElasticEmail?

  15. mas, ada tutorial cara setting smtp2go buat vps controlpanel vestacp ga ya?

    saya uda create account di smtp2go tapi ga tau settingnya di vps? hehe

    1. Oh ya bisa saja setting SMTP Relay di Vesta mas. Mungkin akan saya buatkan tutorialnya dalam beberapa hari.

      Ini pakai CentOS/Debian/Ubuntu mas VPSnya?

    1. Oke mas, semoga bisa dalam 1-2 hari ini. Cukup banyak yang ngantri pertanyaannya, dan saya cuma bisa luangkan waktu tiap pagi nulisnya. 🙂

  16. Hmm, pantas email tidak terkirim, sendgrid free plan udah nggak ada dan hari ini dapat notif isinya agar akun di upgrade 🙁 saatnya pindah 😀

  17. barusan coba daftar di elasticemail, semua sudah diverifikasi cuma opsi mx record yang belum, apa mas chandra abaikan juga?

  18. sudah coba elasticemail, hasilnya:
    pengaturan mudah dan tidak ribet cuma ada delay beberapa detik bila dibandingkan dengan sendgrid untuk proses kirim emailnya.
    email selamat datang dari elasticemail malah masuk folder spam 😀

    sparkpost sekarang nggak perlu verifikasi via email abuse dan report cukup spf dan dkim nggak seperti dulu tapi masih nggak bisa pakai public domain seperti google.com 🙂

    1. Maksudnya public domain mbak? Mengirimkan dengan domainnya Google? Seingat saya kalau ga ada kontrol ke domainnya ya ga bisa pakai custom domain.

      1. ya mas, sendgrid dan elasticemail bisa pakai public domain.
        pepipost dan sparkpost harus pakai custom domain.
        masih bingung cara buat custom domain untuk email, apa harus instal exim dulu 😀

  19. mas chandra, maaf mau tanya, saya kn jalanin ukm mas, udah ada domain dan selama ini pakai smtp dari isp, tapi skrng email saya selalu di anggap spam sama penerima, kira2 bisa gak ya mas kalo saya cuma pakai smtp dari list diatas tapi hostingan tetap di yg lama.
    trims

    1. Unit Kegiatan Mahasiswa atau Usaha Kecil & Menengah mas? 😀

      Yup, bisa digunakan pada existing domain dan hostingnya. Jangan lupa SPF+DKIMnya.

  20. terpujilah dirimu dan Tuhan yang telah menciptakanmu, saya setiap bulan mesti mengirim 100 ribu email melalui jalur smtp pakai aplikasi send blaster . sudah coba sendgrid dan lumayan bekerja. yang saya may tanyakan apakah bisa mengirim email sampai puluhan ribu namun dibuat berbagaia macam akun ?

    1. Dirotasi maksudnya? Masalahnya script yang dipakai tahu akan dipecah rombongan emailnya ke beberapa akun? Atau mail listnya beda?

  21. mas, ane newbietol , mau nanya… saya mencoba menggunakan mailgun, domain sudah terverikasi, dan saya nyoba menggunakan SMTP Mailgun nya untuk mengirim email menggunakan PHPMailer, bisa.

    Pertanyan saya: selain mx yang dari mailgun, di dns saya ada mx lain yaitu mx dari domain asal, yang priority nya 0 . sedangkan dari mailgun 10. Perlukah saya menghapus mx domain asal yang prioritynya 0 itu? saya ingin memastikan kalo mengirimnya pake SMTP mailgun bukan dari domain asal.

    apa yang terjadi kalo domain punya beberapa mx? terima kasih

    1. Dibiarkan ga masalah kok mas. MX Recordnya berfungsi verifikasi layanan mana yang berhak/boleh mengirimkan email atas nama domain anda. Siapa tahu mungkin akan dikombinasikan juga bisa.

    1. Ini bukan sekedar marketing email mas? Wah… kalau masuk ranah spam terus terang saya kurang tahu, soalnya layanan pihak ketiga yang selama ini saya coba/pakai cukup strict masalah ini.

  22. Maaf, ada cara setting untuk sendgrid?
    Soalnya sudah ada tp selalu gagal login dan tidak bisa lagi. Mohon solusi dan caranya.

  23. mas saya daftar sendgrid, tapi akunnya tidak di accept
    balasan sendgrid pun tidak mau memebrikan informasi lebih
    itu masalahnya kenapaya?

    1. Indonesia kena fraud check mas, dan rata – rata provider sekarang minta scan KTP dan kadang malah disuruh foto diri sambil pegang kartunya. Coba kontak csnya.

  24. Mas, saya sekarang pakai sendgrid, cuma kenapa pesannya selalu masuk kotak spam yaa? Padahal email ini dikirim atas dasar keinginan pemilik (notifikasi transaksi) Apa ada cara untuk menghindarinya atau mengatasinya? terima kasih sebelumnya

  25. “Kekurangannya nanti isi From adalah alamat Gmailnya, jadi kurang bagus kalau ada yang memperhatikan.”

    Pantas saja ngubek2 setting nya gak ketemu,, wkwk

    ganti yang lain aja deh..

  26. kemarin coba daftara di SMTP2GO, udah coba kirim2 email ehh saya lupa gak baca rules nya, saya main asal kirim email ajah sampe 150 email wkwkwkw dalam 1jam, dan dalam aturan di SMTP2GO cuma bisa kirim 25 email perjam dan email yg dikirm pun harus valid, alhasil saya terkena suspend.
    nah yg saya mau tanyakan apakah klo bikin akun baru dengan nama domain email yg sama yg terkena suspend bakalan di terima lagi gak yahh..??

  27. Apakah dengan memanfaatkan SMTP (Relay) di atas akan bisa mengatasi “Gembok Merah”pada gmail?
    Saat ini kami menggunakan HMailServer dengan setingan standar (StartTLS untuk Secure Port IMAP dan SMTP), DKIM, SPF, DMARC, namun oleh Google email yang kami kirim dianggap tidak aman (Gembok merah).

    1. Mungkin mas. Gembok merah masalah TLS seharusnya, atau emailnya tidak bisa diverifikasi dari domain/server yang dipakai, atau isi emailnya yang dianggap scam, atau alamat IPnya pernah dipakai phishing/spam.

  28. Saya menggunakan Hmailserver dengan email delivery via smtp2go.com juga, masalahnya smtp2go.com tidak mengijinkan auto forward ke email kita yang lain misalnya ke email yahoo, dll
    Kalau ada yang punya solusi atas masalah ini , tolong di share ya.

  29. saya sudah mencoba berbagai macam cara ngirim email khususnya utk nye-pam, akhirnya pilihan jatuh kepada membuat server mail sendiri.

    -pernah pake smtp gmail, yahoo dan hotmail, dibuat beberapa account tua, dirotasi sehingga tidak ada email dari provider yg sama dikirim dari ip yg sama di waktu yg sama…dan hasilnya semuanya masuk ke spam folder…padahal udah disetting agar tidak melampaui kuota harian/jam.
    -subject & body email juga udah dipasang spintax sehingga tidak ada subject & body email yg sama…tetap aja masuk ke spam folder padahal list email sudah difilter, clean 100%…
    -buat email dari cpanel dan ngirim email pake smtp webhosting pake software email client, eh malah disuspend sama webshostingnya..
    -daftar ke smtp relay spt : sendpulsa, sendgrid, dll…semua ditolak, pake verifikasi domainlah..domainnya kurang meyakinkanlah katanya..

    akhirnya buat server khusus utk nye-pam…sekitar 97% masuk ke inbox…

    budget bulanan –> kurang dari $15
    – vps linux –> $8
    – 2 ip –> dihitung per aktivasi, tanpa bulanan @$1,3 –> @2,6
    – domain (gratis) + hosting –> $39/year –> $3,25/bulan
    pake powermta versi nulled..wkwkwkw..

  30. admin mau tanya, klo sendgrid bisa kirim attachment,?
    soalnya dlu pernah nyoba pke akun temen gak bisa ngirim attach, attachnya mh kekirim tpi gak ada isinya

  31. Mas… saya pakai server DO dengan panel webuzo di ubuntu. Bisa tidak saya integrasikan dengan sendgrid, lalu email saya buka pakai thunderbird?

    Kalau bisa, ada tutorialnya?

    Terimakasih sebelumnya.

  32. ELASTIC EMANG JOS, MAndril dh bnr bnr kaya logonya hahha monyet .
    tp elastic kok dbwh email kluar nama data kita lengkap ya sblm link unsubscribe

  33. Mas Chandra mau tanya,

    di elasticemail setiap kirim ada link unsubcribe, nah kira2 bisa engg link unsubcribe tersebut di hilangkan atau di ganti link lain

  34. Ane pake send grid gan, cmn 100 per day ya kuotanya..

    Ane mau nyari yang 1000 per day, tp kayaknya bayar 😀

    Lebih baik langganan sama kirim.email deh. Buat order form sekalian buat email marketing ane :gembira:

    Kl ada saran boleh gan info yah 😉

  35. Mas chandra saya mau tanya. Itu elasticemail kenapa setiap saya kirim 34 email selalu limit ya ? Apakah per day nya limit ny 34 email ?

  36. mau tanya boleh , saya pake sendgrid tapi hanya bisa satu kali kirim email single send via marketing campaign itu knp yah ? apa sendgrid sedang gangguan??

  37. permisi, saya punya kasus nih..

    saya punya mail server zimbra, saya install di server local saya. saya pakai mx record dan CNAME record dari hosting langganan saya. karena mail server zimbra bekerja di ip public static, sedangkan kantor saya bekerja memakai ip public dynamic, kendala nya ada di pengiriman email ke domain luar. pengiriman email ke domain luar gak bisa karena ip public nya dynamic.

    akhirnya saya coba daftar smtp relay nya mailjet.com. saya langganan yang gratis. belum jalan sebulan sih.

    pertanyaan nya :
    1. limit sender yang bisa kirim ke email domain luar yang di sediakan mailjet cuma 100 sender ya??

    2. apakah langganan gratis smtp mailjet.com hanya berlaku 1 bulan saja? apakah bisa di teruskan langganan gratis nya ketika sudah lebih dari 1 bulan?

    karena yang saya butuhkan cuma smtp relay nya saja. dan sender email saya bisa lebih dari 100 account sender.

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *