Rekomendasi layanan SMTP server gratis

Menerima email dalam VPS itu masalah gampang, asalkan mail servernya sudah siap dan setting MX recordnya sudah tepat pasti lancar – lancar saja. Lain lagi ceritanya kalau kita ingin mengirimkan email dari servernya, banyak faktor yang membuatnya gagal. Jadi SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) ini jelas tidak se-simple namanya.

Solusi alternatifnya adalah memanfaatkan layanan SMTP server eksternal dan terus terang malah merupakan metode utama yang saya gunakan untuk menjamin kiriman email diterima oleh yang dituju. Percuma kirim surat elektronik banyak – banyak kalau masuk spam.

Tentu saja kalau bisa layanannya bisa digunakan gratis dengan kuota yang masih masuk akal untuk sehari – hari atau lebih leluasa lagi. Jadi jelas saya hanya membahas layanan SMTP server yang memberikan jatah email sekian – sekian per bulannya dan otomatis reset setiap awal bulan billing baru. Banyak lho yang cuma menawarkan misal 10.000 email pertama setelah itu bayar.

  • Gmail: https://mail.google.com/
    Kalau anda punya akun Google/Gmail maka bisa memanfaatkan SMTP servernya secara gratis. Batasannya adalah 20 email per jam. Kekurangannya nanti isi From adalah alamat Gmailnya, jadi kurang bagus kalau ada yang memperhatikan.

    Sekedar cerita saja, saya tahu ada yang sampai menggunakan 5 akun Gmail dan dirotasi penggunaannya. Terus terang kalau pengirimannya sudah sebanyak itu lebih baik pakai yang berbayar saja.

  • SMTP2GO: https://www.smtp2go.com/
    Layanan SMTP server yang tidak ribet. Tinggal daftar dan gunakan saja username beserta password akun anda untuk mengirimkan email lewat SMTPnya. Ini yang sekarang saya pakai di forum Servernesia. Batasannya adalah 1000 email per bulan. Tidak banyak tapi sudah cukup untuk blog/forum skala kecil.
  • Mailjet: https://www.mailjet.com/
    Salah satu layanan SMTP favorit saya. Kuota yang diberikan lebih lega, hingga 6000 email per bulan. Melihat tampilan dasbornya bisa bikin bingung karena mereka juga menawarkan layanan newsletter. Gabung jadinya.
  • SendGrid: https://sendgrid.com/
    Ini adalah yang pertama kali saya coba 2 tahun lalu dan aktif digunakan sampai saat ini. Batasan emailnya adalah 12000 setiap bulannya. Senada dengan Mailjet, kalau anda hanya butuh SMTP maka fitur – fitur SendGrid lebih dari cukup.
  • Mailgun: https://www.mailgun.com/
    Mailgun mentargetkan pelanggan yang paham pengembangan software. Batasan emailnya 10000 per bulan. Tapi merupakan layanan SMTP yang agak bikin jengkel karena ribet sekali soal verifikasi data pelanggan. Saya ingat pas daftar langsung dinonaktifkan akunnya, muncul pesan error Your account is temporarily disabled. Business Verification Please contact support to resolve. dan buka ticket untuk kontak ke support juga bermasalah. Kalau anda bisa melanjutkan prosesnya baguslah, kalau tidak sebaiknya anda gunakan yang lainnya. Repotnya tidak sebanding.

    Update, sekarang sudah berhasil diverifikasi. Saya anjurkan lebih baik pakai API daripada SMTP servernya langsung. Entah kenapa saya mesti gagal kalau pakai SMTPnya Mailgun.

  • Pepipost: http://www.pepipost.com/
    Pepipost memberikan batasan kirim – kirim email terbesar: 25000 per bulan. Tapi saya agak ragu secara aktif menggunakannnya karena email konfirmasi registrasi akun mereka sendiri masuk ke spam. Haha. πŸ˜€ Jadi sementara masuk tahap ujicoba, tapi rasanya cuma kesalahan sekali karena email – email setelahnya lancar jaya masuk inbox.
  • ElasticEmail: https://elasticemail.com/
    Ini nama baru yang sedang saya test-drive dari minggu lalu. Tahunya karena mereka partner dari OpenClassifieds yang sedang saya ujicoba juga. πŸ˜€ Kerennya sih mereka memberikan limit sebesar 125.000 email per bulan secara gratis. Verifikasi yang repot cuma lewat SMS ke hp. Sisanya lancar jaya.

Daftar layanan SMTP server gratis diatas akan saya update dan koreksi dari waktu ke waktu. Karena ini namanya rekomendasi jadi jelas yang pernah saya coba saja, tapi anda bisa menambahkan layanan lain berikut kesan – kesannya. πŸ™‚

Changelog:
* (14 Okt 2016) Sedikit update untuk Mailgun dan menambahkan ElasticEmail.

Semoga bermanfaat. πŸ˜€

89 pemikiran pada “Rekomendasi layanan SMTP server gratis

  1. hari ini terima notif dari mandrill yang isinya semua akun free harus upgrade ke layanan berbayar yang deposit minimalnya $20 πŸ™
    harus nyari alternatif lain

    • Haha πŸ˜€ Sama mbak dan momennya kok kebetulan pas dengan saya bahas SMTP server gratis. πŸ˜› Sementara masih bisa diandalkan SendGrid dan Mailjet. Semoga awet.

      Mbak butuh newsletter/email marketingnya atau SMTP server?

  2. hanya butuh smtpnya saja mas, sudah coba mailjet ribet banyak pertanyaan, smtp2go ada batasan email yg bisa dikirim perjamnya untuk akun free.

    • Mbak butuh ngirim berapa? Ini email notifikasi ya buat forumnya? Ga pingin coba yang berbayar saja? Ini saya sedang mempertimbangkan beli di MXRoute, cuma $5 per tahun dan batasnya cukup longgar katanya. Dulu pernah punya disana tapi yang $10 dan akhirnya expired ga terpakai.

      • nah murah sekali mas, berapa maksimum pengiriam perbulannya mas? iya untuk email notifikasi mas,,kalau makai opsi default masuknya selalu ke folder spam,,sudah enak make mandrill karna proses notifnya cepat sekali.

      • Pas saya nanya ke yang punya sih asal masih wajar ratusan hingga ribuan per hari itu ga masalah. Tapi kalau ribuan kayanya ya ga boleh yang $5 per tahun mbak. Haha πŸ˜€ Dan bila per hari sudah mendekati 10ribu email ini sebaiknya custom plan.

        Saya juga bingung masalah notifikasi email di forumnya sih mbak. Defaultnya kan di email kalau ada komentar, masih kecil sih ga masalah kiriman emailnya. Tapi kalau sudah banyak ya jelas habis kuotanya. Sementara saya nonaktifkan notifikasi email untuk watched topicnya.

        Ada setting semacam digest tidak mbak di XenForo? Maksudnya biar digabung jadi satu seluruh notifikasinya dan dikirim sehari sekali kalau ada. Rasanya lebih hemat begitu.

  3. kalau nggak salah tadi cek out of stock ya? info linknya ada mas?
    notifikasi reply saya juga nonaktifkan mas, email notifikasi hanya untuk conversation dan aktifasi registrasi πŸ™‚
    fitur macam digest kayaknya sudah masuk suggestion https://xenforo.com/community/threads/daily-digest.112380/
    untuk addonnya sudah ada yg gratis dan berbayar :
    https://xenforo.com/community/resources/daily-digest.4638/
    https://xenforo.com/community/resources/th-forum-digest.4824/
    https://xenforo.com/community/resources/watched-threads-digest.4986/

    • Sumber kita rasanya sama mbak. Haha. πŸ˜€ Yang disini kan? https://billing.mxroute.com/cart.php?a=add&pid=41

      Sudah habis stoknya. Semoga dalam beberapa hari direstok paket yang murah meriah ini.

      Wah… terimakasih referensi addonnya mbak. Dan sayang bukan fitur standar XenForo. Kalau forumnya ramai dan banyak yang reply bisa hancur kuota kirim emailnya. Yang menerima pun merasa terganggu kalau banyak sekali notifikasi emailnya.

    • Saya juga baru tahu, sudah terlanjur punya akun SendGrid. πŸ™ Buat lagi masalah tidak ya. Kan ditanya kelengkap identitas pas setelah konfirmasi email.

      Itu sebenarnya link registrasi akun kalau kita menggunakan produk Google mbak, yang Google Cloud Computing atau AppEngine rasanya. Tapi bisa diakses umum. Ya hajar dah. πŸ˜€

      • Bisa digunakan sebagai SMTP relay mbak? Nanti takutnya sama kaya Gmail, Fromnya menggunakan alamat email Zoho bukannya alamat email nama domainnya. Tapi kalau cuma dibuat notifikasi ya tidak masalah sih, besar juga kuotanya. πŸ™‚

        Trims infonya mbak. πŸ˜€

    • Dari link diatas kok dari Zoho sudah ada larangannya ya mbak:

      Relaying disallowed:

      When you send emails from other software, if the email address you specify does not match the email addresses in the account for which authentication details provided by you, you will get the ‘Relaying disallowed’ error when trying to send emails through the servers.

      Generally, it may happen when you use a default address as sender (in a coded program), or when you have mistyped the email address section in the configuration. You will be able to receive emails, as only the authentication will be required for syncing emails. Only when you send emails, the email address with which you send is matched with the credentials you provide for the outgoing server. Hence correcting the email address would resolve this issue.

      When you send emails via SMTP client, if the email address you have entered does not match the email address for the account details provided, the client will not be able to send emails and will get a Relaying disallowed.

      Relaying disallowed when using Outlook Calendar and Mail:

      When you directly forward Calendar events from Outlook, by right click, the ‘Relaying disallowed’ error will occur, as the event invitation will be sent using the organizers email address, which cannot be completed due to authentication mismatch. Hence we suggest you to use the Right Click, Forward as Attachment for the events to avoid this error.

      Kecuali kalau sudah dibuat akun email dengan custom domain di Zoho. Saya memahami aturannya seperti itu.

      • Lah ini… SparkPost mbak berhasil daftar? Dari beberapa hari lalu saya coba tiap hari gagal. Cuma muncul pesan error ga jelas saat sign-up:
        Uh oh! Something went wrong. Please try in a few minutes or email support@sparkpost.com.

        Padahal yang paling bagus dibandingkan yang lainnya soal kuota SMTPnya.

  4. tadi coba hubungi supportnya dan dibalas :

    Hello,
    Unfortunately SparkPost is not available in some countries. Which country are you in?

    Elizabeth
    Regards,
    Elizabeth
    SparkPost Support

    πŸ˜€

  5. Halo mas chandra apa kabar?
    saya sudah coba sparkpost ternyata tidak seperti mandril yang memperbolehkan public domain seperti gmail.com/hotmail/yahoo mail dll jadi harus atur “sending domain” sudah sukses atur SPF text dan DKIM record tapi masih bingung dengan pengaturan verify by email untuk opsi abuse@domainku.com dan postmaster@domainku.com πŸ™ , semoga mas chandra buatin artikelnya untuk pengaturan sparkpost ini terutama buat xenforo πŸ˜€

    sementara pakai sendgrid yang masih memperbolehkan menggunakan public domain πŸ™‚
    salam.

    • Halo mbak Shafira, baik – baik saja. πŸ™‚

      Saya belum mendalami fitur dan setting SparkPost, mungkin besok saya lihat – lihat mumpung pas liburan. Jiah ternyata ini hari minggu ya. Haha. πŸ˜€ Sekarang sedang kejar target ngabisin credit DigitalOcean soalnya. Mau expired soalnya. πŸ˜›

      Dulu pakai alamat email apa mbak untuk SMTPnya? Saya memahaminya tetap pakai Gmail/Yahoo semacamnya ya? Bukan dari nama domain situs/forumnya? Tampaknya SparkPost mintanya anda verifikasi kepemilikan nama domain baru benar – benar diaktifkan SPF dan DKIMnya. Tidak ada mail hostingnya pada domain anda mbak? Itu dikirimkan email verifikasi ke alamat yang anda sebutkan diatas.

  6. terima kasih kemarin habis memindahkan web ecommerce saya dari shared hosting ke vps bingung untuk setting emailnya, akhirnya nemu artikel ini dan berhasil pake sparkpost (thanks mbak shafira info dan triknya).

    saat ini saya kan pake panel webuzo, karena sering ngedown berniat untuk pindah tanpa panel saja. untuk incoming emailnya sendiri pake forwader, jadi semua email masuk ke order@mydomain.com saya forward ke akun gmail (order@gmail.com)

    nah untuk setting email forwader ini kalo tanpa panel caranya gimana ya mas candra? kalo di webuzo kan enak seperti cpanel, tinggal masukkan email yg mau diforward

    • Cuma butuh SMTPnya saja? Bisa pakai versi berbayarnya dari layanan – layanan yang saya sebut diatas mas. Cukup bagus kok.

      Mungkin kalau yang lainnya bisa coba Amazon SES atau MXRoute. Keduanya berbayar.

      Hosting ini maksudnya ya web hosting mas? Tidak perlu kok.

  7. mas chandra, bisa bikinin tutorial nya gak untuk daftar sendgrid dan cara pakainya di sender deluxe? trus kalo mau beli gimana cara bayarnya?

    • Halo Ican, ada kesulitan dimananya mas daftar SendGrid? Dan Sender Deluxe ini software berbayar ya? Saya belum pernah coba soalnya. Yang pasti anda harus mendapatkan SMTPnya baru bisa.

      Bayarnya per pemakaian kalau ga salah mas. Lewat PayPal atau kartu kredit mestinya.

  8. sekarang hampir semuanya pake verifikasi, musti email dulu ke adminnya, harus jelasin tujuannya buat apa. selama ini ane selalu diapprove karena hanya buat beberapa blog, kalo ane mau bikin forum kira2 diapprove gak ya? ada yang punya pengalaman?

    • Saya ada mas pengalaman verifikasi pakai forum (ya forumnya blog ini) ke Mailgun. Langsung diterima tanpa banyak bicara. Asalkan jelas penggunaannya dan tidak melanggar hukum hampir pasti diproses.

    • Yang di Pepipost seperti ini mas:

      1. Buat subdomain seperti delivery.nama_domain.tld
      2. Kemudian buat CNAME record dari subdomain tadi ke lnk.pepipost.net
      3. Terus buat TXT record dengan nama pepipost._domainkey.[SUB-DOMAIN] dan nilai isinya akan diberikan PepiPost.
  9. Hi Udin,

    I am from Pepipost. Before you can start sending mails through Pepipost using your company’s domain, you need to add and verify the domains. The verification is done to ensure your domain’s security.

    To add a domain: Please ref this – http://support.pepipost.com/knowledge_base/topics/how-to-add-and-verify-my-domain

    DKIM : ref this – http://support.pepipost.com/knowledge_base/topics/how-to-set-custom-envelope-sender-slash-return-path-address-and-dkim

    If you have any query, then you can directly connect with our tech guy over live chat on website.

    Website: http://www.pepipost.com/

  10. Kok saya daftar sendgrid selalu mentok di: Unfortunately, your account did not pass provisioning. We've sent you an email outlining why your account was not activated.

    Ada trik khusus kah ada lolos proses provisioning??

      • Di email cuma ada email verification. Trus email kedua lgsg info ttg akurasi data domain dan akun. Tapi gak ada link di mana utk proses verifikasi domain dan data tsb

      • Email terakhir dari Sendgrid:

        Our provisioning process is done in order to protect our system as well as inboxes around the world from potential spam email. We perform many checks to determine the validity of our new customers and unfortunately some of those checks have triggered scores that are historically indicative of high risk. Our Provisioning Team will not be able to provision your account for this reason.

        In regards to billing, as your account has not been activated, no payment has been processed against your credit card.

        We thank you for your consideration and we wish you the best in your future endeavors.

      • Oh intinya tim SendGrid setelah mengecek informasi yang diberikan (kurang tahu apa dan bagaimana pertimbangannya) akun anda divonis tidak diterima.

        Ya terpaksa cari penyedia lainnya mas.

      • Sama – sama mas, saya juga belajar baca teorinya lagi. πŸ˜€

        Coba kombinasikan ElasticEmail dan SparkPost saja, limitnya lega soalnya.

    • Saya ngeblank mas, soalnya belum pernah kena suspend walaupun kirim sudah ribuan (milik klien) di sendgrid. Tapi ngirimnya pakai SMTP Relay langsung dari CMS dan untuk marketing pakai dalam panel di sendgridnya. Belum pernah pakai sender deluxe. Sudah verifikasi nama domain kan?

  11. Halo Mas Chandra, sy sudah daftar sendgrid, trus untuk memulai bisa email ke seluruh database email saya gimana ya mas ? maaf saya newbie untuk email marketing dan ingin sekali belajar. terima kasih

  12. mas, ada tutorial cara setting smtp2go buat vps controlpanel vestacp ga ya?

    saya uda create account di smtp2go tapi ga tau settingnya di vps? hehe

    • Oh ya bisa saja setting SMTP Relay di Vesta mas. Mungkin akan saya buatkan tutorialnya dalam beberapa hari.

      Ini pakai CentOS/Debian/Ubuntu mas VPSnya?

    • Oke mas, semoga bisa dalam 1-2 hari ini. Cukup banyak yang ngantri pertanyaannya, dan saya cuma bisa luangkan waktu tiap pagi nulisnya. πŸ™‚

  13. Hmm, pantas email tidak terkirim, sendgrid free plan udah nggak ada dan hari ini dapat notif isinya agar akun di upgrade πŸ™ saatnya pindah πŸ˜€

  14. barusan coba daftar di elasticemail, semua sudah diverifikasi cuma opsi mx record yang belum, apa mas chandra abaikan juga?

  15. sudah coba elasticemail, hasilnya:
    pengaturan mudah dan tidak ribet cuma ada delay beberapa detik bila dibandingkan dengan sendgrid untuk proses kirim emailnya.
    email selamat datang dari elasticemail malah masuk folder spam πŸ˜€

    sparkpost sekarang nggak perlu verifikasi via email abuse dan report cukup spf dan dkim nggak seperti dulu tapi masih nggak bisa pakai public domain seperti google.com πŸ™‚

    • Maksudnya public domain mbak? Mengirimkan dengan domainnya Google? Seingat saya kalau ga ada kontrol ke domainnya ya ga bisa pakai custom domain.

      • ya mas, sendgrid dan elasticemail bisa pakai public domain.
        pepipost dan sparkpost harus pakai custom domain.
        masih bingung cara buat custom domain untuk email, apa harus instal exim dulu πŸ˜€

  16. mas chandra, maaf mau tanya, saya kn jalanin ukm mas, udah ada domain dan selama ini pakai smtp dari isp, tapi skrng email saya selalu di anggap spam sama penerima, kira2 bisa gak ya mas kalo saya cuma pakai smtp dari list diatas tapi hostingan tetap di yg lama.
    trims

    • Unit Kegiatan Mahasiswa atau Usaha Kecil & Menengah mas? πŸ˜€

      Yup, bisa digunakan pada existing domain dan hostingnya. Jangan lupa SPF+DKIMnya.

  17. terpujilah dirimu dan Tuhan yang telah menciptakanmu, saya setiap bulan mesti mengirim 100 ribu email melalui jalur smtp pakai aplikasi send blaster . sudah coba sendgrid dan lumayan bekerja. yang saya may tanyakan apakah bisa mengirim email sampai puluhan ribu namun dibuat berbagaia macam akun ?

  18. mas, ane newbietol , mau nanya… saya mencoba menggunakan mailgun, domain sudah terverikasi, dan saya nyoba menggunakan SMTP Mailgun nya untuk mengirim email menggunakan PHPMailer, bisa.

    Pertanyan saya: selain mx yang dari mailgun, di dns saya ada mx lain yaitu mx dari domain asal, yang priority nya 0 . sedangkan dari mailgun 10. Perlukah saya menghapus mx domain asal yang prioritynya 0 itu? saya ingin memastikan kalo mengirimnya pake SMTP mailgun bukan dari domain asal.

    apa yang terjadi kalo domain punya beberapa mx? terima kasih

    • Dibiarkan ga masalah kok mas. MX Recordnya berfungsi verifikasi layanan mana yang berhak/boleh mengirimkan email atas nama domain anda. Siapa tahu mungkin akan dikombinasikan juga bisa.

    • Ini bukan sekedar marketing email mas? Wah… kalau masuk ranah spam terus terang saya kurang tahu, soalnya layanan pihak ketiga yang selama ini saya coba/pakai cukup strict masalah ini.

Tinggalkan komentar