Rekomendasi layanan server monitoring gratis

Berbeda dengan menggunakan shared hosting atau layanan online lainnya. Dengan menggunakan VPS kita harus proaktif sendiri memantau status servernya. Ini berguna agar kita tahu kapan ada masalah yang terjadi secepat mungkin dan kita bisa meresponnya dengan solusi. Kita jadi tahu bagaiman kualitas uptime suatu provider VPS dari sini juga.

Kriteria pribadi saya sih sederhana: gratis, pengecekan 1 menit sekali karena kalau terlalu lama ya telat, dan akurat. Selain itu berarti fitur bonus. 🙂 Dan sudah ada beberapa layanan yang saya andalkan:

  1. NIXStats: https://nixstats.com/
    Sementara ini masih dalam versi Beta dan bisa digunakan secara gratis. Saat mendaftarkan tinggal isikan kode BETA agar mendapatkan undangan percobaannya. Selain kita bisa memonitor uptime website dan alamat IP juga yang terpenting adalah memantau status dalam server itu sendiri.
    NIXStats server monitorAnda bisa membuat Status Page seperti yang saya pakai: http://status.servernesia.com/
  2. New Relic: http://newrelic.com/
    Sedangkan New Relic sudah lama sekali saya gunakan. Selain menampilkan bagaimana penggunaan CPU, RAM, HDD/SSD, Network juga bisa memberi tahu kita proses mana yang terbesar konsumsi resourcenya. Bahkan bisa ditambahkan fitur monitor eksekusi script PHP, NodeJS, Ruby dan lain sebagainya yang akan menunjukkan mana yang membutuhkan waktu lama atau resource yang besar.
    new-relic-serverSudah pernah saya bahas sebelumnya mengenai detailnya.

Saat ini memang cukup 2 saja yang saya tuliskan, sebenarnya ada yang lain tapi fungsinya setara sehingga saya kurangi penggunaannya secara aktif. Lha kalau down atau ada masalah akses nanti dikirim notifikasi yang sama tapi dari layanan yang berbeda. Jadi saya pilih – pilih mana yang lebih cepat dan akurat. Kasihan inbox email saya kalau semuanya aktif.

Dulu saya memperhatikan hasil dari New Relic dan akhirnya tahu kalau system load yang tinggi bukan salah VPS yang kita sewa. Melainkan adanya node abuser (VPS lain) yang tidak segera ditindak oleh providernya dan memperburuk performa juga stabilitas seluruh tetangganya.

9 pemikiran pada “Rekomendasi layanan server monitoring gratis

Tinggalkan komentar